Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iQoo Watch, Smartwatch Perdana iQoo Kembaran Vivo Watch 3, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 26/04/2024, 11:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sub-merek Vivo, iQoo meluncurkan jam tangan pintar (smartwatch) pertamanyanya, bernama iQoo Watch di China, akhir tahun lalu.

Jam tangan ini merupakan hasil rebranding smartwatch Vivo Watch 3 yang dirilis pada November 2023. Jadi, desain dan spesifikasi iQoo Watch pun sama persis dengan Vivo Watch 3.

Proses rebranding ini memang kerap dilakukan oleh vendor HP yang masih satu induk perusahaan, seperti BBK Electronics. Grup raksasa elektronik China itu memasarkan merek HP Oppo, Vivo, Realme, dan OnePlus.

Sama seperti Vivo Watch 3, iQoo Watch didukung BlueOS, sistem operasi yang dikembangkan Vivo.

BlueOS berjalan di atas bahasa pemrograman Rust. Sistem operasi terbaru ini mendukung fitur, seperti kunci mobil NFC, kontrol kamera, dukungan kartu ATM virtual untuk transaksi, hingga kode QR untuk menerima pembayaran.

Baca juga: iQoo Watch Resmi, Smartwatch Pertama iQoo Harga Rp 2 Jutaan

Keunggulan lain yang dibawa, iQoo Watch ini hadir dengan opsi eSIM (embedded SIM Card). Dengan begitu, jam tangan pintar ini dapat beroperasi secara independen atau tanpa terhubung ke smartphone.

Hal ini berbeda dengan kebanyakan jam tangan yang bergantung pada Proprietary OS atau sistem operasi bikinan pihak ketiga yang tak dirinci.

iQoo Watch juga memiliki toko aplikasi bawaan, sehingga bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi yang kompatibel dan menambah fungsionalitas baru ke jam tangan. Spesifikasi iQoo Watch selengkapnya bisa disimak dalam ulasan berikut.

Spesifikasi iQoo Watch

iQoo Watch dibekali beragam tampilan jam, mendukung perekaman aktivitas tidur, tingkat stres, siklus menstruasi, hingga perekaman detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) melalui sensor optis.
iQoo iQoo Watch dibekali beragam tampilan jam, mendukung perekaman aktivitas tidur, tingkat stres, siklus menstruasi, hingga perekaman detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) melalui sensor optis.
Secara desain, iQoo Watch memiliki ukuran 46,1 mm dan dibekali dengan layar AMOLED 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel dan mendukung fitur Always on Display.

Bingkai sekeliling layar arloji pintar ini juga masih dihiasi dengan bezel stainless steel, tapi kini dilengkapi kenop putar untuk menavigasi antarmuka. Ada juga tombol fisik di bagian bawah di sisi kanan perangkat untuk menavigasi antarmuka dan fungsi lainnya.

iQoo Watch menawarkan lebih dari 100 mode workout alias olahraga lengkap dengan rencana olahraga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Fitur pendukung lainnya termasuk perekaman aktivitas tidur, tingkat stres, siklus menstruasi, hingga perekaman detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) melalui sensor optis.

Baca juga: HP Vivo T3 5G Resmi, Kembaran iQoo Z9 dengan Desain yang Berbeda

Menurut laporan GSMArena, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (26/4/2024), sistem pelacakan kesehatan menggunakan pengaturan ganda.

Pada siang hari, sensor iQoo Watch menggunakan cahaya tampak untuk melacak detak jantung dan kadar oksigen darah pengguna.

Adapun cahaya tampak merupakan salah satu jenis gelombang elektromagnetik. Cahaya ini memiliki spektrum elektromagnetik yang bisa dideteksi oleh mata manusia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com