Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 18/05/2024, 14:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar untuk mengatasi beberapa permasalahan yang umum terjadi pada perangkat laptop. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Masalah keyboard laptop tidak berfungsi merupakan masalah yang umum terjadi. Pengguna bisa saja menjumpai masalah ini secara tiba-tiba saat hendak menggunakan laptop. Masalah ini mungkin bakal merepotkan pengguna.

Baca juga: 6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop untuk Berbagai Merek, Mudah dan Praktis

Pasalnya, saat masalah keyboard laptop tidak berfungsi terjadi, pengguna jadi tidak bisa mengetik atau memasukkan huruf di laptop. Kemudian, masalah ini juga bisa menyebabkan kesalahan pengetikan.

Misalnya, pengguna ini memasukkan simbol “@”, tetapi yang muncul justru tanda petik (“). Lantaran bakal merepotkan nantinya, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi? Jika tengah mengalami masalah ini, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Untuk lebih lengkapnya, simak terus penjelasan di bawah ini.

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Lantas, kenapa keyboard laptop tidak bisa mengetik atau memasukkan huruf dengan normal?

Ada beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang perlu diketahui. Misalnya, masalah keyboard laptop tidak berfungsi bisa terjadi karena terdapat bug atau gangguan pada sistem perangkat lunak.

Kemudian, penyebab keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa ditimbulkan karena terdapat kesalahan pengaturan tata letaknya (layout). Selanjutnya, masalah ini dapat terjadi karena terdapat kerusakan komponen pada keyboard laptop.

Ilustrasi keyboard laptop tidak berfungsi.Apple Ilustrasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Itulah beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi. Penyebab-penyebab itu perlu diketahui pengguna untuk menentukan solusi yang dapat dilakukan nantinya. Untuk cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa dicoba oleh pengguna. Misalnya, pengguna bisa mencoba restart laptop terlebih dahulu.

Kemudian, pengguna bisa mencoba melakukan troubleshooting untuk mengidentifikasi masalah yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi. Selanjutnya, pengguna juga bisa update driver keyboard laptop.

Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi adalah sebagai berikut.

Baca juga: 100 Kombinasi Tombol Keyboard dan Fungsinya untuk Akses Shortcut di Semua Komputer

1. Restart laptop

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang pertama adalah dengan restart laptop. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem laptop yang mengalami gangguan, sehingga mungkin membuat keyboard laptop tidak berfungsi dengan normal.

Untuk restart laptop, caranya matikan laptop dengan memilih opsi “Restart”. Setelah itu, laptop bakal dimatikan. Kemudian, laptop bakal dihidupkan kembali secara otomatis. Setelah hidup, coba mengetik menggunakan keyboard lagi.

2. Lakukan troubleshooting

Kedua, pengguna bisa melakukan troubleshooting pada laptop. Jika menggunakan Windows 11, troubleshooting bisa dilakukan dengan mengakses menu “Settings”. Kemudian, pilih menu “System” dan pilih opsi “Troubleshoot”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com