Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Keyboard, Lengkap dengan Fungsi dan Jenisnya

Kompas.com - 24/09/2023, 16:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Keyboard merupakan salah satu perangkat dalam keseluruhan komponen komputer yang cukup populer. Hampir di setiap komputer pasti memiliki keyboard. Perangkat ini punya fungsi yang sangat lekat dengan pengguna.

Dengan adanya keyboard, bila ingin belajar mengoperasikan komputer, pengguna setidaknya perlu memahami dulu mengenai perangkat tersebut. Lantas, apa yang dimaksud dengan keyboard?

Baca juga: 8 Cara Screenshot di Komputer dengan Keyboard, Mudah dan Praktis

Bila tertarik untuk belajar lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis keyboard.

Pengertian keyboard

Perlu diketahui, komputer terdiri dari beberapa komponen. Secara umum, komponen komputer itu meliputi perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Tiap komponen komputer tersebut memiliki fungsi yang berbeda, tetapi saling berhubungan dalam rangkaian alur kerja komputer. Sebagai informasi, komputer memiliki alur kerja berupa memasukkan, mengolah, menyajikan, dan menyimpan data atau instruksi.

Untuk menjalankan alur kerja itu, komponen komputer terdiri dari beraneka macam perangkat dan keyboard termasuk di dalamnya. Keyboard termasuk perangkat yang menjadi bagian dari perangkat input.

Keyboard adalah perangkat input yang memiliki tugas utama sebagai sarana pengguna untuk memasukkan data atau instruksi ke komputer. Instruksi yang dimasukkan ke komputer via keyboard dapat berupa karakter, teks, huruf, atau simbol.

Keyboard bisa terhubung ke komputer melalui kabel ataupun nirkabel seperti Bluetooth. Tanpa keyboard, pengguna tidak bisa memasukkan instruksi ke komputer, terutama instruksi yang berupa karakter, teks, huruf, atau simbol.

Selain untuk memasukkan instruksi berupa karakter, teks, huruf, atau simbol, keyboard juga dapat digunakan untuk menggerakan objek pada layar komputer melalui tombol navigasi yang tersedia.

Berbicara mengenai tombol di keyboard, ada beberapa jenis tombol yang umum tersedia di keyboard. Tiap tombol memiliki fungsi yang berbeda. Adapun tombol-tombol di keyboard adalah sebagai berikut:

  • Tombol karakter: Tombol-tombol ini digunakan untuk memasukkan huruf, angka, dan simbol yang digunakan dalam pengetikan teks. Masing-masing tombol biasanya memiliki karakter atau huruf yang tercetak di atasnya.
  • Tombol fungsi: Tombol-tombol ini digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi khusus pada komputer. Misalnya, tombol F1 hingga F12 yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah cepat pada komputer.
  • Tombol panah: Tombol panah atas, bawah, kanan, dan kiri digunakan untuk menggerakkan kursor atau memilih objek di layar komputer.
  • Tombol khusus: Keyboard juga memiliki tombol-tombol khusus seperti tombol Enter, Backspace, Delete, Caps Lock, Shift, Ctrl, Alt, dan Spacebar yang digunakan untuk berbagai fungsi seperti konfirmasi tindakan, penghapusan, atau perubahan karakter.
  • Tombol numerik: Tombol numerik terdiri dari angka-angka mulai 0-9 dan beberapa simbol operasi matematika seperti kali, bagi, kurang, dan tambah. Fungsinya untuk memasukkan karakter angka dengan cepat.

Dari serangkaian tombol tersebut, keyboard dapat dipakai untuk melakukan berbagai tugas penginputan. Adapun beberapa fungsi keyboard adalah sebagai berikut.

Fungsi keyboard

  • Keyboard dapat dipakai untuk mengetik dan mengedit teks pada sebuah program atau aplikasi dalam komputer.
  • Keyboard memiliki fungsi juga untuk menggerakan kursor dan memilih objek pada komputer, seperti dokumen, aplikasi, atau menu.
  • Keyboard dapat digunakan untuk mengakses perintah cepat (shortcut) seperti mengatur kecerahan, mengatur volume, menyalin data, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis keyboard

Di dunia komputer, keyboard saat ini tersedia dalam beraneka jenis. Tiap jenis keyboard biasanya dibedakan dari tatanan tombol dan fiturnya. Lantas, apa saja jenis dari keyboard? Dikutip dari Javapoint, berikut adalah daftar jenis-jenis keyboard.

1. Keyboard QWERTY

Ilustrasi keyboard QWERTY.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi keyboard QWERTY.

Keyboard QWERTY merupakan keyboard yang paling umum digunakan saat ini. Keybord ini memiliki tatanan tombol huruf yang tidak sesuai dengang urutan alfabet (A-Z), tetapi acak dimulai dari atas dengan beberapa huruf seperti Q,W,E,R,T, dan Y.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Output Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

2. Keyboard Dvorak

Keyboard DVORAK.Ubuy Keyboard DVORAK.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com