Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan iOS 18 untuk iPhone, Bawa Banyak "Upgrade"

Kompas.com - 11/06/2024, 06:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple mengumumkan iOS 18 untuk iPhone di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, Selasa (11/6/2024). iOS 18 membawa sejumlah peningkatan (upgrade) yang memungkinkan pengguna mengatur perangkatnya agar lebih personal.

"iOS 18 menjadi peluncuran besar yang menawarkan banyak cara untuk mengatur iPhone Anda agar lebih personal, tetap terhubung, dan menghidupkan kembali momen spesial," kata Craig Federighi, SVP, Software Engineering Apple saat mempresentasikan iOS 18 di sesi keynote Apple WWDC 2024, dilansir dari YouTube resmi Apple.

Di iOS 18, pengguna iPhone kini bisa mengotak-atik tampilan Home Screen sesuka hati. Pengguna bisa menempatkan beberapa ikon aplikasi di mana saja di layar Home Sceen.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Ada iPhone XR

Selain itu, ikon aplikasi juga memiliki Mode Gelap, serta penggguna bisa mewarnai ikon aplikasi agar terlihat lebih menarik. Apple turut menyuguhkan tema baru untuk ikon aplikasi.

Apple merombak Home Screen di iOS 18.Apple Apple merombak Home Screen di iOS 18.

Apple juga merombak desain aplikasi Photo di iOS 18. Desain aplikasi kini dimampatkan menjadi single view, di mana kisi foto bagian atas akan menampilkan seluruh pustaka dan koleksi galeri yang disusun berdasarkan tema.

Ada juga filter yang memungkinkan pengguna menyembunyikan foto tangkapan layar (screenshot).

Selain itu, ada fitur Koleksi yang baru untuk menelusuri foto berdasarkan orang, waktu, kenangan, perjalanan, dan sebagainya. Kira-kira, mirip fitur yang ada di Google Photos di Android.

Kini, dengan gestur geser layar ke kanan dari grid, pengguna bisa melihat album favorit dan Featured Photos.

iOS 18 membawa perombakan untuk aplikasi Photos.Apple iOS 18 membawa perombakan untuk aplikasi Photos.

Untuk pertama kalinya pula, Apple menghadirkan RCS (Rich Communications Service). RCS adalah standar untuk memoderenisasi SMS/MMS. Sebelumnya, Apple didesak Google untuk menggunakan standar ini di aplikasi Messages. Akhirnya, teknologi RCS baru terealisasi di iOS 18.

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Fitur baru di iOS berikutnya adalah Control Center yang kini dirombak dengan layout anyar. Ada pula Controll Gallery, di mana pengembang pihak ketiga bisa menyediakan widget untuk disesuaikan dengan Control Center.

Apple juga meng-upgrade fitur Message di iOS 18. Di Message, tapbacks (ketuk dan tahan teks) kini didesain ulang, di mana pengguna bisa memberikan reaksi berupa emoji dan sticker. Kurang lebih seperti memberikan reaksi emoji di WhatsApp.

Pengguna juga bisa menggunakan format teks, seperti huruf bergaris bawah, dicoret, tebal, miring, dan sebagainya, seperti di WhatsApp. Selain itu, pengguna iPhone kini bisa menjadwalkan pengiriman pesan di Messages.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Khusus untuk pengguna iPhone 14 dan iPhone 15, bisa mengirim iMessages via satelit. Sehingga, mereka tidak memerlukan koneksi WiFi atau seluler. Mereka juga bisa mengirim SMS via satelit.

Aplikasi Mail juga mendapat pembaruan. E-mail di Mail kini secara otomatis akan diurutkan ke dalam kategori untuk membantu memprioritaskan pesan.

Kemudian di aplikasi peta digital Maps, kini tersedia peta topografi baru yang dilengkapi dengan rute pendakian dan jaringan jalan setapak. Maps juga bisa diakses secara offline.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com