Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Produk Apple Ini Sudah Kuno, Termasuk iPhone 5s

Kompas.com - 03/06/2024, 18:08 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Sejumlah gadget Apple kini masuk dalam daftar perangkat kuno (vintage) karena sudah lawas. iPhone 5s termasuk salah satu ponsel keluaran Apple yang masuk dalam daftar itu.

Gadget Apple yang dikategorikan kuno yaitu perangkat yang sudah lebih dari lima tahun tahun sejak terakhir kali Apple mendistribusikannya untuk dijual.

Karena termasuk perangkat kuno, toko Apple Store maupun Apple Authorized Service Provider (AASP) alias penyedia servis resmi produk Apple di seluruh dunia, tidak lagi menawarkan perbaikan atau layanan hardware lain untuk iPhone 5s.

Meski begitu, mereka masih bisa melayani perbaikan setidaknya hingga dua tahun ke depan, dengan asumsi suku cadang yang diperlukan masih tersedia. Kebijakan ini juga terkadang menyesuaikan lokasi.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi iPhone SE, iPhone 5S dan iPhone 6S

Di Perancis misalnya, produk seperti iPhone dan Mac yang dibeli setelah 31 Desember 2020, masih memenuhi syarat perbaikan dan suku cadang selama tujuh tahun setelahnya. Kebijakan ini didasarkan pada aturan setempat.

iPhone 5s sendiri dirilis pada September 2013. Ponsel ini hadir dengan fitur Touch ID, yaitu pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol Home. Ponsel ini ditenagai chip A7, yakni chip iPhone pertama dengan arsitekstur 64-bit.

Bukan hanya iPhone 5s, Apple juga menambahkan iPod touch generasi keenam dan iMac 21,5 inci edisi 2015 sebagai perangkat kuno. iMac 21,5 inci rilis akhir tahun 2015 dengan membawa layar Retina 4K.

Sementara iPod touch gen-6 rilis pada Juli 2015 dengan fitur ala iPhone dan desain yang mirip seperti iPhone 6. Perangkat pemutar media ini menjadi produk kedua terakhir dari sejarah iPod karena Apple menyetopnya pada tahun 2022, dilansir MacRumors, Senin (3/6/2024).

Apple iPod tamat

Apple secara resmi mengumumkan perangkat pemutar musik dengan layar sentuh, iPod touch pensiun. Pengumuman ini diunggah melalui situsnya pada Selasa (10/5/2022).

Dalam postingan itu, Apple berkata bahwa iPod Touch (generasi ke tujuh/2019) hanya akan tersedia "selama persediaan masih ada".

Apple iPod Touch resmi pensiunApple Apple iPod Touch resmi pensiun

iPod Touch 2019 merupakan generasi paling terakhir dari jajaran iPod yang pernah dirilis Apple. Dengan demikian, pensiunnya iPod Touch sekaligus menandai akhir dari merek iPod yang debut pada Oktober 2001.

Menurut Apple, pengguna kini menikmati musik melalui sejumlah produk perusahaan seperti iPhone, Apple Watch, Apple TV hingga HomePod mini.

Baca juga: iPod Keluaran 2001 Masih Segel Terjual Rp 441 Juta

Oleh karena itu, Senior VP of Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak berkata bahwa "semangat iPod" masih hidup dalam jajaran produk Apple.

"Semangat iPod tetap hidup. Kami telah mengintegrasikan pengalaman musik yang luar biasa melalui semua produk kami, mulai dari iPhone, Apple Watch, HomePod mini, Mac, iPad hingga Apple TV," kata Joswiak dikutip KompasTekno dari situs resmi Apple, Rabu (11/5/2022).

"Selain itu, Apple Music menghadirkan kualitas suara yang andal di industri dengan dukungan audio spasial - tidak ada cara yang lebih baik untuk menikmati, menemukan dan menikmati musik," lanjut Joswiak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com