Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Bose Ultra Open Earbuds, TWS Terbuka Berdesain Unik

Kompas.com - 10/06/2024, 17:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan audio Bose pada akhir Maret lalu merilis produk earbuds true wireless stereo (TWS) premium bernama Ultra Open Earbuds di Indonesia.

Sesuai dengan julukannya, produk ini merupakan TWS jenis open ear yang tidak menutupi saluran telinga sehingga penggunanya tetap bisa mendengar suara dari lingkungan sekitar.

Baca juga: Earphone TWS Nothing Ear dan CMF Buds Masuk Indonesia, Ini Harganya

Desain Ultra Open Earbuds terbilang unik, berbeda dari TWS open ear sebelumnya dari Bose. Nyaman digunakan dan tidak mengganggu, tapi keluaran suaranya tetap bagus.

Kemasan simpel

Bose Ultra Open Earbuds datang dalam kotak kemasan berukuran kecil yang terkesan sederhana. Terdapat jacket luar berbahan kertas yang menggambarkan produk di dalamnya.

Di salah satu sisi boks yang berwarna dasar putih, terdapat gambar berisi penjelasan shortcut sejumlah fungsi yang bisa dijalankan dengan menekan tombol pintasan di earbuds.

Keterangan shortcut earbuds TWS Bose Ultra Open Earbuds di salah satu sisi kemasannya.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Keterangan shortcut earbuds TWS Bose Ultra Open Earbuds di salah satu sisi kemasannya.

Charging case Bose Ultra Open Earbuds terbungkus kertas tipis untuk melindunginya dari goresan. Di dasar kemasan ada sebuah kabel USB A ke USB C berukuran pendek untuk keperluan pengisian baterai.

Di sisi lain kotak kemasan tertera kode QR yang akan memandu pengguna untuk mengunduh aplikasi pendamping Bose dari toko Google Play Store dan Apple App Store.

Baca juga: iQoo TWS 1e Resmi di Indonesia, Earbuds Rp 500.000 dengan Fitur ANC

Secara keseluruhan, kemasan penjualan Bose Ultra Open Earbuds terkesan minimalis. Selain unit earbuds di charging case dan kabel USB, hanya ada beberapa booklet panduan penggunaan dan garansi.

Kabel USB A ke USB C, booklet panduan singkat, dan kode QR untuk mengunduh aplikasi pendamping. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kabel USB A ke USB C, booklet panduan singkat, dan kode QR untuk mengunduh aplikasi pendamping.

Mengenakan Bose Ultra Open Earbuds

Bose sebenanya bukan pemain baru di ranah earbuds open-ear. Pabrikan ini beberapa tahun lalu pernah merilis Sport Open Earbuds yang juga berkonsep open-ear.

Namun, Bose Ultra Open Earbuds mengusung desain berbeda dari sebelumnya dan unik. Alih-alih berupa hook yang bertengger di atas daun telinga, Ultra Open Earbuds menggunakan mekanisme clip-on.

Bagian driver berbentuk "L" dan tersambung ke bagian baterai/ tombol kendali yang berbentuk silinder kecil dengan sebuah lengan silikon fleksibel.

Unit earbuds dari Bose Ultra Open Earbuds KOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit earbuds dari Bose Ultra Open Earbuds

Lengan silikon ini bisa ditarik dan akan tergulung kembali saat dilepas, sehingga bagian silinder dari earbuds pun bisa diposisikan di balik daun telinga bagian luar (helix). Bagian driver "L" berfungsi layaknya kait, sementara bagian silinder memberikan sedikit jepitan.

Bose Ultra Open Earbuds masih bisa digeser-geser saat sudah terpasang untuk mencari posisi yang senyaman mungkin. KompasTekno mengenakannya dengan posisi di daun telinga sisi bawah dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat.

Baca juga: Huawei Rilis TWS FreeClip Varian Beige, Harga Rp 3 Jutaan

Karena dikenakan di bagian tengah atau bawah daun telinga, Bose Ultra Open Earbuds pun tidak menghalangi pengguna apabila ingin mengenakan kacamata. Jepitannya juga hanya sedikit sehingga tidak terlalu terasa.

Sepanjang pengalaman KompasTekno mengenakannya, Bose Ultra Open Earbuds terasa nyaman dan tidak mengganggu, meskipun ada kesan sedikit menggantung dari telinga, terutama karena bagian silinder baterai sedikit lebih berat dari bagian driver.

Bose Ultra Open Earbuds dikenalkan dengan cara dikaitkan ke daun telinga, di sisi samping atau bawah, sehingga tak masalah untuk pengguna kacamataKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bose Ultra Open Earbuds dikenalkan dengan cara dikaitkan ke daun telinga, di sisi samping atau bawah, sehingga tak masalah untuk pengguna kacamata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com