Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Situs Polri Tumbang

Kompas.com - 09/09/2008, 08:56 WIB

JAKARTA, SELASA - Situs yang dikerjain cracker pagi ini ternyata tak hanya TMC Ditlantas Polda Metro Jaya. Pelaku yang tak meninggalkan identitas apapun juga melumpuhkan seluruh website Kepolisian Republik Indonesia yang berdomain di www.polri.go.id.

Website resmi Polri pun diubah halaman mukanya. Semua subdomainnya juga diisengi. Pelaku meninggalkan pengumuman dalam Bahasa Inggris yang intinya melecehkan Polri dan sesumbar mengambil alih seluruh situs Polri.

"Sedang dicek, nanti kita selidiki," ujar Irjen Pol Abubakar Nataprawira, Kadiv Humas Polri saat dihubungi Selasa (9/9) pagi ketika dikonfirmasi hal tersebut. Ia mengatakan pihaknya telah mengetahui kejadian tersebut dan sedang melakukan penyelidikan.

Pada serangan kali ini, cracker mengubah halaman muka seluruh situs Polri sesuai pernyataannya yang dipampang sebagai pengganti halaman. Aktifitas tersebut sering dikenal dalam kriminal bawah tanah dunia online sebagai kegiatan defacing.

Kejadian tersebut terjadi sejak sekitar pukul 06.00. Saat berita ini diturunkan pukul 8.45, situs yang di-hack tidak dapat diakses dan hanya menyisakan halaman bertuliskan "server not found."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com