Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

cellity Communicator: SMS & Backup Phonebook Gratis

Kompas.com - 14/10/2008, 09:36 WIB

Saat ini bertebaran ribuan aplikasi berbasis Java yang menawarkan kemampuan komunikasi spesifik. Misalkan aplikasi pengelola e-mail atau aplikasi yang menawarkan pengiriman SMS gratis. Semuanya menarik untuk di-install dan dicoba. Kini muncul aplikasi baru yang menggabungkan semuanya dalam satu produk. Namanya cellity Communicator (communicator_midp2_gfx_en_de_getJar.jar, ukuran file: 163KB).

Ya, cellity Communicator memang menawarkan gabungan fitur e-mail, SMS, messaging, telepon dan conference. Aplikasi yang dulu bernama cellity world CALL, cellity group CALL, cellity free SMS, kini dijadikan satu paket ditambah dengan bumbu fitur SMS reguler dan backup kontak gratis.

Apa saja fasilitas yang disediakan dan bagaimana menggunakannya? Yuk, kita coba!

Instalasi
Kunjungi http://www.cellity.com/en/download/download-communicator.html, lalu masukkan nomor ponsel, alamat e-mail dan kode pengaman pada kolom yang telah disediakan. Klik Continue untuk melanjutkan. Tak lama kemudian Anda akan menerima SMS dari cellity yang berisi “Please click on http://wap.cellity.com/mob/reg to download communicator”. Ikuti petunjuk tersebut dengan mengklik link yang disediakan.

Tandai kotak cek User Agreement untuk melanjutkan proses pengunduhan dan instalasi. Setelah instalasi berhasil, masuklah ke menu Applications. Saat muncul konfirmasi akses Internet , jawab dengan Yes. Cellity akan melanjutkan dengan uji coba koneksi. Jika proses ini berjalan lancar, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

Mengelola E-mail di Ponsel
Fasilitas e-mail sudah menjadi suatu fitur wajib ponsel masa kini. Ponsel-ponsel yang dirilis umumnya sudah mendukung protokol-protokol e-mail yang umum digunakan seperti POP3/SMTP, IMAP, Exchange dan sejenisnya. Dengan menggunakan e-mail semacam itu, pengguna diharuskan untuk mengonfigurasi e-mail secara manual di seting ponselnya. Sungguh merepotkan.

Daripada repot, gunakan saja fasilitas e-mail yang ada di cellity Communicator. E-mail siap digunakan kapan pun dan di mana pun Anda mau. Untuk mendapatkan e-mail cellity, masuklah ke menu Options >Messaging > Email address. Lalu masukkan alamat e-mail yang ingin Anda dapatkan.

Jika username yang Anda pilih belum ada yang punya, Anda akan mendapatkan e-mail namaanda@cellity.com. Selanjutnya Anda sudah siap untuk mengirim e-mail. Klik Messages > Compose message > email.

Meskipun disediakan fasilitas e-mail instan, e-mail-e-mail luaran seperti Yahoo! Mail, GMail, atau Hotmail tidak dilupakan. Anda yang ingin menggunakan e-mail tersebut bisa masuk ke menu Options > list of services > activate new service > external e-mail. Masukkan alamat e-mail lalu pilih Continue. Bila cellity dapat mendeteksi otomatis setting e-mail Anda, Anda tinggal memasukkan password, dan e-mail dapat langsung Anda gunakan. Jika tidak, masukkan setting-nya secara manual.

Gratis Kirim SMS
Layanan SMS cellity ini dibagi menjadi dua bagian: SMS reguler dan SMS gratis. Setiap pengiriman SMS dengan SMS reguler akan dikenakan tarif SMS normal, sementara SMS melalui Internet tidak dikenakan biaya selain akses GPRS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com