Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blackberry dan "Payment Gateway"

Kompas.com - 26/06/2009, 20:23 WIB

Oleh Amir Sodikin

Tak diragukan lagi, bangsa yang latah adalah bangsa yang hanya menggunakan Blackberry, smartphone, atau Pocket PC-nya untuk sekadar memoles gaya. Jauh dari versi latah ini, ternyata masih banyak perusahaan dan developer yang inovatif memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan keseharian.

Paul Sabella, Presiden dan CEO perusahaan Charge Anywhere, begitu memukau peserta Wireless Enterprise Symposium (WES) yang digelar Research In Motion di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Mei. Paul mempresentasikan sebuah payment gateway atau alat pembayaran bergerak sederhana yang bisa digunakan di mana pun asal ada koneksi internet.

Tak menyangka, di tangan Charge Anywhere, gadget kecil bernama Blackberry bisa menjadi alat yang bertenaga, sebagai sarana pembayaran yang aman untuk transaksi kartu kredit maupun kartu debit. Walau tampak remeh-temeh, metode Point of Sale (POS) Charge Anywhere sudah diakui dunia.

Charge Anywhere telah memenangi penghargaan Best of Interop Innovative Business Technologies Award untuk kategori keamanan terbaik bidang Payment Card Industry (PCI).

Dengan demikian, dari sisi keamanan, Charge Anywhere makin memimpin untuk penyediaan solusi pembayaran bergerak menggunakan kartu kredit atau kartu debit. ”Solusi kami bisa diterapkan secara efektif untuk usaha skala kecil sekalipun,” kata Paul.

"Aplikasi kami bisa berjalan di berbagai platform, termasuk Blackberry, Windows Mobile, J2ME, Wireless dan IP POS Terminal, Windows, dan QuickBooks," kata Paul.

"Charge Anywhere memenangi penghargaan karena kompatibilitas PCI adalah masalah besar bagi bisnis ritel dan industri perbankan. Selama ini bisnis skala kecil merupakan yang terlemah dalam penggunaan kartu kredit," begitu komentar juri Best of Interop, Tim Wilson.

Paul dengan Signature Capture Mobile Payment Solution, yang menyimpan proses elektronik secara digital, juga memenangi penghargaan Technology Innovation Award 2009 pada ajang Electronic Transactions Association (ETA) Annual Meeting and Expo, 13 Mei lalu.

Kreativitas developer

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com