Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Magic, Ponsel Android Pertama di Tanah Air

Kompas.com - 21/07/2009, 12:13 WIB

HTC kian identik dengan Android. HTC-lah yang pertama di dunia merilis ponsel Android tahun 2008 lalu melalui HTC Dream. Kini melalui Magic, HTC menjadi yang pertama merilis ponsel Android di Indonesia.

Dari HTC Dream, Magic mewarisi bentuk panel ditekuk di bawah layar sentuh. Hanya, yang ini lengkungannya lebih halus dan lebih mulus. Begitu pula pemakaian layar sentuh resistif dan trackball untuk keperluan navigasi. Namun perbedaan terbesar adalah Magic tidak memiliki keyboard QWERTY sehingga seluruh proses input menggunakan layar sentuh berukuran 3,1 inci.

Secara keseluruhan, penampilannya simpel. Hanya ada port mirip-USB-mini di sisi bawah dan tombol volume di kiri bodi. Perlu dicatat, port mirip USB mini tersebut juga berfungsi sebagai colokan audio, sehingga Anda tidak bisa menggunakan perangkat audio 3,5 mm.

Seperti iPhone, Magic menggunakan layar sentuh resistif. Alhasil, proses ketik-mengetik cukup menggunakan jari tanpa memerlukan stylus. Namun layar tersebut tidak mendukung multitouch, sehingga Anda tidak bisa melakukan zoom-in dengan gerakan mencubit seperti pada iPhone.

Seperti gadget tanpa keyboard, menulis SMS di HTC Magic memang butuh latihan. Untungnya, HTC memberikan fitur khusus berupa getaran saat kita memencet sebuah huruf. Setidaknya, ini membuat kita merasakan sedikit efek fisik ketika mengetik SMS. Namun sekali lagi, butuh waktu bagi kami untuk membiasakan diri.

Antarmuka Magic sendiri simpel dan mudah digunakan. Sebagai layar utama, tersedia Home Screen berisi shortcut untuk aplikasi utama seperti Browser dan Contacts. Bila layar "digesek" ke kiri atau ke kanan, akan muncul layar baru. Secara default, layar kiri kosong sementara dan home screen kanan memuat bar Google Search. Sedangkan untuk melihat seluruh aplikasi, Anda tinggal pencet tanda panah yang ada di sisi bawah.

Shortcut dan widget tersebut bisa ditambah maupun dibuang. Untuk menambahkan, pencet saja tombol menu, pencet Add, lalu pencet Shortcuts, Widgets atau pun Folders. Cara yang lebih praktis adalah buka menu utama, pencet-tahan icon sampai menu utama menutup sendiri, lalu lepaskan icon itu di home screen. Untuk membuang dari home screen, pencet-tahan sejenak icon hingga muncul gambar tong sampah di sisi bawah layar, lalu seret icon tersebut ke tong sampah.

Sistem operasi Android merupakan pendatang baru di arena sistem operasi mobile. Sebagai penganut open source, besar harapan terciptanya banyak aplikasi pihak ketiga yang mendukungnya. Untuk mencari aplikasi Android, Anda bisa mengunjungi www.android.com/market. Ada banyak aplikasi tersedia di sana, beberapa di antaranya juga gratis. Namun jika dibanding Apps Store untuk iPhone, pilihan Android Market memang jauh lebih sedikit.

HTC Magic mendukung jaringan dengan level HSDPA. Sebagai koneksi alternatif, terdapat fasilitas WiFi dan Bluetooth. Sedangkan untuk menampung data, tersedia memori internal sebesar 288MB dan slot untuk microSD yang terletak dekat SIM card. Kamera di sisi belakang memiliki resolusi 3,2MP dan memiliki kualitas yang cukup bagus untuk foto maupun video.

Di Indonesia, HTC Magic dibundel dengan layanan Telkomsel dengan harga Rp. 6,5 juta. Ini sudah termasuk gratis paket data 300MB/bulan selama 6 bulan dan microSD 8GB. Namun HTC Magic tidak di-kunci (locked) sehingga Anda bisa menggunakan SIM card lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com