Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Matrix Bisa Dipakai di Pesawat Penerbangan Internasional

Kompas.com - 21/07/2009, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat menandatangani kerjasama dengan perusahaan komunikasi asal London, Aeromobile untuk layanan komunikasi via telepon genggam di pesawat yang tengah mengudara. Hal ini juga secara langsung meresmikan Indosat sebagai pengguna layanan Aeromobile pertama di Indonesia.

"Kami ingin memudahkan komunikasi yang berlangsung di pesawat yang tengah mengudara. Intinya kami ingin pelanggan always connected," tukas Johnny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat, Selasa (21/7) di Gedung Indosat.

Aeromobile sendiri adalah operator telekomunikasi seluler yang mengkhususkan diri pada sektor komunikasi penerbangan. Tercatat mereka adalah perusahaan komunikasi pertama yang memberikaan layanan komunikasi via telepon genggam di pesawat dan sudah berhasil menarik sekitar 1,5 juta pengguna.

"Kami gembira menyambut Indosat untuk menggunakan layanan kami," ucap Director of Regulatory Affairs Aeromobile, Stein Gudbjorgsrud.

Layanan komunikasi yang ditawarkan Indosat dan Aeromobile adalah komunikasi di dalam, ke dalam, dan ke luar pesawat udara. Penumpang pesawat bisa menggunakan telepon genggam GSM mereka untuk melakukan komunikasi telepon, sms, atau melakukan koneksi ke GPRS.

Dengan kerja sama ini, pengguna layanan Indosat langsung dapat menggunakan ketika pesawat sudah berada pada ketinggian 5000 meter dan ditandai sms selamat datang dari Aeromobile. Untuk komunikasi telepon dipasang tarif Rp 55.000/menit, sms Rp 15.000/sms, dan koneksi ke GPRS Rp 350/kbps. Untuk pihak yang mengkontak pengguna Aeromobile dari darat, hanya dikenai tarif lokal.

Untuk saat ini layanan komunikasi di pesawat tersebut baru bisa digunakan oleh pengguna layanan pascabayar Matrix dan hanya pada penerbangan internasional seperti Qantas, Emirates, Malaysia Airlines, dan Turkish Airlines.

Meski belum ada maskapai penerbangan lokal, tidak tertutup kemungkinan maskapai lokal juga akan menggunakan layanan Aeromobile ini. "Beberapa maskapai sudah melakukan pembicaraan dengan kami, tetapi kami belum bisa menyebutkan siapa saja," jelas Senior Commercial Manager Asia Pacific Aeromobile, Nora Talib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com