Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McGegas, Motion Capture Software Pertama Indonesia

Kompas.com - 07/08/2009, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa hari lalu Infinite Frameworks luncurkan Meraih Mimpi sebagai film animasi Indonesia pertama. Saat ini, Institut Teknologi Sepuluh November kembangkan software Motion Capture Pertama Indonesia bernama McGegas.

“Kami ciptakan McGegas Motion Capture Render Farm untuk mempercepat proses pembuatan animasi di Indonesia,” jelas Head of Multimedia and Telematics Lab ITS, Mochamad Hariadi, dalam acara Ritech 2009 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/8).

Dijelaskan oleh Mochamada Hariadi, motion capture software McGegas bisa mempercepat pengerjaan animasi beserta renderingnya hingga 5-10 kali lebih cepat. Selain itu McGegas juga diciptakan tidak hanya untuk menganimasi gerakan saja, tetapi juga menganimasi ekspresi dan mimik wajah.

“Untuk menganimasikan wajah tidak jauh berbeda dengan menganimasikan gerakan tubuh. Cukup tempelkan beberapa bola lampu indikator ke bagian-bagian wajah,” jelas Mochamad Hariadi mengenai proses penganimasian ekspresi dan mimik wajah.

Saat ini McGegas baru digunakan oleh satu studio animasi saja yaitu Cams Solution yang dipakai untuk menciptakan animasi anak perempuan yang tengah menari. Sebenarnya sudah ada beberapa Studio yang tertarik terhadap software yang dikembangkan selama dua tahun ini, tetapi belum bisa disebutkan siapa saja.Untuk semua itu McGegas menghabiskan biaya 500 juta untuk proses pengembangannya selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com