Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Canon Perkenalkan Kamera Saku dengan Layar Sentuh

Kompas.com - 01/10/2009, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhirnya Canon ikut juga merilis sebuah kamera saku dengan layar sentuh – sesuatu yang sudah dilakukan oleh pesaingnya sejak beberapa waktu. Berbalut warna metalik dalam pilihan empat warna (silver, ungu, coklat, biru muda), layar LCD 3” dengan fitur scroll-wheel itu tampak mendominasi bagian belakang Canon Ixus 200IS.

“Ini kamera digital Canon dengan LCD touch screen pertama,” kata Angel (Marketing Executive, PT Datascrip) saat memperkenalkan jajaran kamera digital saku Canon terbaru di Jakarta (1/10).

Karena mengusung fitur layar sentuh, kita memang tidak perlu repot menekan tombol untuk sejumlah aktivitas di kamera dengan resolusi 12,1 megapixel dan lensa superwide 24mm itu. Penguncian fokus objek yang bergerak misalnya, cukup dengan menyentuhkan ujung jari ke layar, tepat di objek yang diinginkan. Ketika objek itu bergerak, fokus otomatis akan mengikutinya. “Ini berlaku untuk wajah manusia, binatang peliharaan, dan juga benda,” tutur Angel sambil mendemokan fitur fokus tersebut sesaat setelah secara tak sengaja menjatuhkan kamera tersebut ke lantai kayu.

Playback hasil bidikan pun tidak perlu menekan-nekan tombol. Cukup dengan menyapukan ujung jari di layar sentuh tersebut. Begitu pula bila ingin menghapus hasil bidikan yang dianggap kurang baik. Tinggal geser gambar yang tidak diinginkan itu ke tong sampah, yang posisinya bisa diatur di salah satu dari empat sisi layar.


Pengambilan gambar dalam posisi kamera vertikal juga menjadi lebih mudah. Tidak perlu tekan tombol shutter. Pada posisi ini, di layar bagian bawah akan tampil icon kamera berwarna merah. Nah itulah yang tinggal disentuh dengan jempol untuk merekam gambar. “Semudah kamera di handphone,” tegas Angel.


Yang paling menarik, kamera saku dengan zoom optikal 5x dengan bandrol harga Rp 4 juta ini sudah mendukung fitur HD movie recording dan tentu saja memiliki koneksi HDMI. Selain itu tersedia Creative Light Effect agar foto tampil lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com