Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Monitor Hemat Energi dari BenQ

Kompas.com - 19/10/2009, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda bayangkan sebuah layar monitor bisa menyala dengan sumber listrik dari dinamo yang digerakkan oleh putaran pedal sepeda? Rasanya mustahil, tapi itulah yang terjadi. Dengan konsumsi daya yang tak terlalu tinggi, sebuah monitor LED dapat memenuhi kebutuhan display hemat energi.

Ya, hemat energi, itulah keunggulan dua seri monitor LED dari BenQ. Layar digital berbasis LED (Light-Emitting Diode) ini memang bukan barang baru di dunia digital. Teknologi tersebut sudah diperkenalkan sejak setahun silam.

Namun, di Indonesia, kehadirannya ditandai dengan peluncuran monitor BenQ V seri Eco dan G pada Senin (19/10). Dibuat dengan konsep ramah lingkungan, BenQ seri V Eco dan seri G tersebut menggunakan bahan baku yang dapat didaur ulang, bebas merkuri, dan hemat tenaga hingga 40 persen dibanding konsumsi energi monitor berteknologi lama.

Teknologi LED juga memiliki keunggulan lain yakni dapat memperlihatkan detail lebih baik serta lebih kaya warna dan tanpa kedip (flicker free). Untuk seri V Eco, misalnya, memiliki rasio kontras 5.000.000:1.

Dengan bantuan teknologi SenseEye 3 Human Vision, kontras sebesar ini tak membuat mata menjadi lelah sehingga tetap nyaman untuk keperluan gaming selama berjam-jam. BenQ sendiri menyediakan dua tipe seri V Eco, yakni V2200 Eco (lebar 21,5 inci) dan V2400 Eco (24 inci). Harganya mulai Rp 2,8 juta hingga Rp 4,8 juta. Adapun seri G terdiri dari dua model monitor lebar 18,5 inci dan 19 inci mulai Rp 1,6 juta dengan banderol harga mulai Rp 1,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com