Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PayPal Buka API untuk Pengembang

Kompas.com - 25/10/2009, 13:52 WIB

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Penyedia layanan pembayaran online, PayPal, berencana membuka API (Application Programming Interface) untuk para pengembang. Langkah tersebut sebagai upaya mengintegrasikan layanan PayPal lebih luas ke berbagai aplikasi dan perangkat.

"Saya sangat bangga karena dalam dua minggu lagi, PayPal akan menjadi penyedia layanan pembayaran online pertama yang membuka platform-nya kepada semua orang," kata Scott Thompson, Presiden PayPal dalam konferensi Web 2.0 di San Fransisco, AS, seperti dilansir Telegraph. API tersebut akan dirilis pada 3 November 2009.

Keputusan tersebut bukan datang tiba-tiba. PayPal yang kini telah dimiliki eBay sebenarnya sudah bekerja sama dengan beberapa produsen elektronika dan perangkat genggam untuk mengintegrasikan layanannya. Thompson mencontohkan apa yang akan dilakukan PayPal mirip yang dilakukan Facebook sehingga dengan membuka API kepada pengembang, banyak aplikasi yang bisa tersedia di layanan jaringan sosial tersebut.

Ia berharap, hal yang sama akan merevolusi bisnis pembayaran digital dan digunakan lintas mata uang dan lintas platform di berbagai negara seluruh dunia. Meski demikian, ia belum bisa memastikan kapan layanan PayPal mulai tersedia di berbagai perangkat seluler, televisi, dan jaringan sosial. Tak sabar menunggu, ayo berpartisipasi dengan memanfaatkan API PayPal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com