Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HT G30 Link, Harganya Sepertiga Nokia E71

Kompas.com - 13/11/2009, 16:20 WIB

Bentuk replika seri vendor besar memang kerap kali ditonjolkan hape buatan Cina, seperti HT. Mereka sengaja memanfaatkan pasar Indonesia yang konsumtif dan sebagian belum melek teknologi.

Tak tanggung-tanggung, pengadopsian layar ataupun tombol qwerty di cover muka HT dibuat sama persis dengan Nokia. Dengan ukuran layar 2,2” , hanya tingkat kedalaman warna aja yang timpang sebab G30 hanya memiliki LCD 65.000 warna dengan kerapatan piksel 220×176 piksel, sedangkan E71 mencapai 265 ribu warna dengan layar TFT.

Tombol lain yang berubah juga terdapat pada dialed calls. Maklum G30 memiliki Dual SIMcard berbasis jaringan GSM yang bisa aktif secara berbarengan. Sedangkan untuk shortcut menuju main menu terletak di sampingnya, bersebelahan dengan tombol navigasi.

Pindah ke bagian tepi, di kanan hape ber’wajah’ hape pintar ini menyematkan tombol pengaturan volume di sebelah kanan, mengapit tombol shortcut kamera. Untuk di tepi kiri, hanya ada port dual fungsi yakni untuk men-charge dan mencolokkan headset.

Beralih ke tampak belakang, dengan punggung yang lebar, G30 hanya menghiasi sisi atas hape dengan lensa kamera VGA dan flash yang berjajar rapi bersebelahan dengan pemuntah suara keras di bagian paling kanan. Sebenarnya, ada colokan charger kedua, sehingga bisa di-charge menggunakan charger Nokia yang ujungnya kecil. Anehnya, charger kedua ini tidak disertakan di paket penjualan.

Kamera
Untuk fitur narsis yang satu ini, Sinyalmania jangan banyak berharap dengan kualitas gambar yang prima jika memanfaatkan ruangan indoor sebagai lokasi pengambilan gambar. Sebab dari uji Sinyal, kualitas jepretan dari G30 kurang dari harapan, terlalu banyak noise yang berada di dalam foto. Akibatnya, foto objek yang dijepret tak tampak jelas meskipun telah menggunakan flash yang ada di bodi G30.

Setting maksimal dengan mengubah camera settings dengan flash, serta mem-push image settings dengan kerapatan 640x480 dengan kualitas tinggi plus scene mode dengan modus malam bisa Anda jadikan salah satu solusi untuk memperoleh hasil gambar yang lebih baik. Saran Sinyal, mengingat kualitas G30 hanya sebatas kamera VGA, jangan melakukan pengabadian gambar di tempat yang minim cahaya.

Aplikasi
Maraknya situs jejaring sosial yang sedang gandrung di masyarakat sepertinya menjadi poin utama sebagai konsep awal menelurkan seri G30. Sebab Sinyal menemukan rentetan aplikasi yang dibuat tersendiri sebagai shortcut. Ada yang menuju Facebook, ke aplikasi chat Yamee versi 1.2 dan eBuddy serta browser opera mini yang berada di dalam subfitur aplikasi JAVA dalam menu utama.

Sayangnya, uji yang dilakukan Sinyal dengan menggunakan salah satu operator sebagai penyedia jaringan, kurang berjalan mulus aplikasinya. Maklumlah kemampuan konektivitas G30 berada di jalur GPRS Kelas 12. So, Anda harus pintar-pintar memilih coverage area yang memang disupport dengan operator yang Anda pakai.

Musik
Tidak seperti lazimnya hape keluaran Cina, kualitas audio dari G30 bisa diandalkan untuk menghibur telinga, meski tak sehandal dari produk vendor terkenal. Output suara yang sangat cempreng dan tidak natural yang senantiasa identik dengan hape Cina berhasil ditepis oleh Audio Player G30.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com