Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung dan Panasonic Mulai Jualan Televisi 3D

Kompas.com - 10/03/2010, 10:15 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Mulai minggu ini, dua vendor elektronika Samsung dan Panasonic mulai menawarkan televisi tiga dimensi (3D). Pasar yang dibidik pertama adalah konsumen di AS.

Seperti dilansir AP, Samsung, Selasa (9/3/2010), mengumumkan kesiapannya merilis dua tipe televisi 3D. Produk pertama dijual seharga 3000 dollar AS (sekitar Rp 28 juta) untuk TV LCD berlayar 46 inci sudah termasuk dua buah kacamata 3D dan 3D Blu-ray player berikut Blu-ray disc film Monster vs Aliens dalam format 3D.

Produk kedua akan keluar dua bulan lagi dengan harga sekitar 2000 dollar AS. Namun, paket ini untuk televisi plasma yang mendukung format 3D.

Sementara Panasonic memastikan mulai menjual televisi 3D pertamanya, Rabu (10/3/2010) ini dengan menggandeng jaringan toko elektronik Best Buy. Tidak seperti Samsung, Panasonic menjualnya terpisah dari paket 3D lainnya. Panasonic belum merilis berapa harga televisi 3D terbaruya dan baru akan menawarkan satu tipe televisi plasma yang mendukung 3D.

Sementara itu, Sony, kemarin juga memastikan bahwa televisi 3D pertamanya akan dirilis mulai Juni di pasar Jepang. Harganya sekitar 3900 dollar AS untuk televisi LCD berlayar 46 inci atau sekitar 52 persen lebih mahal daripada televisi LCD konvensional tanpa kemampuan 3D.

Penyerapan televisi 3D diperkirakan akan meledak tahun ini seiring berkembangnya industri film berformat 3D. Avatar terbukti sukses menghadirkan tontonan 3D di bioskop. Alice in Wonderland kini juga tengah berjuang dengan format 3D.

Selain itu, siaran televisi 3D diperkirakan juga bakal menjamur tahun ini. ESPN berencana menyiarkan kanal 3D mulai Juni dengan menayangkan siaran langsung Piala Dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com