Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Mendadak Mogok di Windows Phone

Kompas.com - 07/01/2013, 09:57 WIB

Google The Next Dimension of Google Maps
KOMPAS.com - Google Maps memang tidak pernah secara resmi mendukung Windows Phone, tapi sejumlah pengguna ponsel pintar bersistem operasi itu di AS mengeluhkan tak bisa mengakses sama sekali peta digital Google tersebut. Padahal sebelumnya, tak pernah bermasalah.

Para pengguna Windows Phone, menurut The Verge, juga tidak dapat mengakses versi web Google Maps lewat ponsel mereka dan justru dialihkan ke situs Microsoft.

Google dalam keterangan resmi mereka menyebut produk petanya hanya mendukung browser WebKit dari perangkat komunikasi bergerak (mobile).

"Situs Google Maps versi mobile dioptimalkan untuk perambahan WebKit seperti Chrome dan Safari," sebut Google seperti dikutip Gizmodo.

Google menambahkan, "Sejak Internet Explorer bukanlah sebuah browser WebKit, perangkat Windows Phone tidak dapat mengakses Google Maps untuk versi mobile."

Namun Google tidak menjelaskan mengapa sebagian pengguna perangkat bersistem operasi Windows Phone pernah dapat mengakses Google Maps.

Di sisi lain, Microsoft mengatakan, "Internet Explorer di Windows Phone 8 dan Windows 8 menggunakan mesin rendering serupa (WebKit)."

Persaingan antara Google dan Microsoft terus menajam setelah perusahaan mesin pencari itu berencana meninggalkan platform Microsoft Exchange. (ANT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com