Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Apple Bajak CEO Rumah Mode

Kompas.com - 16/10/2013, 12:15 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Setelah merekrut CEO Yves Saint Laurent, Paul Deneve, Apple kini merekrut CEO rumah mode Burberry, Angela Ahrendts, Selasa (15/10/2013). Ia dipandang sukses membangun kembali merek mewah Burberry asal Inggris.

Ahrendts merupakan perempuan pertama yang bergabung dengan tim eksekutif Apple dalam hampir satu dekade terakhir. Ia akan bergabung dengan Apple dengan jabatan wakil presiden senior untuk toko ritel dan online.

CEO Apple Tim Cook berharap, Ahrendts dapat memperluas operasional toko retail Apple Store serta memperkuat penjualan produk mobile iPad dan iPhone.

"Dia memimpin Burberry melalui periode pertumbuhan yang fenomenal dengan fokus pada merek, budaya, nilai-nilai inti dan kekuatan energi postif," tulis Cook dalam sebuah email permberitahuan kepada karyawan, seperti dikutip dari Reuters.

Salah satu tantangan besar Ahrendts di Apple ialah mengingkatkan pangsa pasar di China, yang dinilai sebagai pasar terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Ahrendts akan memanfaatkan pengalaman Burberry di China yang menjual produk dengan harga relatif terjangkau tanpa harus merusak nilai merek. Hal ini sejalan dengan upaya Apple dalam memasarkan iPhone 5C, produk ponsel yang lebih murah dari iPhone 5S.

Menurut Neil Saunders, direktur konsultan retail Conlumino, Apple ingin iPhone 5C menjadi produk yang banyak dipakai oleh konsumen untuk meningkatkan volume dan penjualan. "Tetapi mereka tidak ingin mengorbankan cap ataupun merek," ujarnya. Nah, Ahrendts dipandang sebagai orang yang tepat menangani keinginin Apple.

Ahrendts juga dipandang sebagai pemimpin yang sukses mempromosikan Burberry lewat jalur digital. Ia terbuka dengan inovasi digital, membangun penjualan lewat jalur online, serta menyiarkan peragaan busana via situs web.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com