Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Luncurkan Ponsel 4G LTE "Cyanogen" Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 09/06/2015, 14:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai janji, operator seluler Smartfren hari Selasa (9/6/2015) meluncurkan ponsel 4G LTE pertamanya yang menjalankan custom ROM Cyanogen 12 berbasis sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Perangkat bernama Andromax Q tersebut dibekali prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 410 2,2 GHz, layar 4,5 inci, serta kamera 5 megapiksel, dan 2 megapiksel.

"Kehadiran ponsel Android ini menandai peralihan masuknya Smartfren ke era 4G setelah sebelumnya dengan EVDO," ujar Kepala Divisi Smartphone Smartfren Sukaca Purwokardjono saat berbicara di panggung acara peluncuran, bilangan Senayan, Jakarta.

Oleh Smartfren, Andromax Q dibanderol seharga Rp 1,3 juta, termasuk paket data 8 GB serta bonus talktime dan SMS.

Andromax Q merupakan salah satu dari lima smartphone 4G LTE yang diluncurkan sekaligus dalam acara tersebut.

"Secara seri ada 3 seri Andromax yang kita luncurkan, yakni Andromax R, Q, dan E. Namun secara unique model ada lima tipe yang bisa dipilih sesuai selera konsumen," lanjut Sukaca.

Empat ponsel lainnya adalah Andromax R, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Kelima ponsel sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop dan ditenagai prosesor Snapdragon 410.

Andromax R memiliki bentang layar terlebar dengan ukuran mencapai 5 inci. Kelengkapan lain dari smartphone yang dijual seharga Rp 1,6 juta ini termasuk kamera utama 8 megapiksel, dan baterai 2.200 mAh.

Andromax Qi memiliki spesifikasi serupa dengan Andromax Q. Perbedaannya teletak pada teknologi Dolby audio yang diterapkan pada Andromax Qi dan custom ROM Cyanogen pada Andromax Q.

Adapun Andromax Ec dan Andromax Es merupakan model termurah yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp 1 juta. Spesifikasi kedua ponsel termasuk layar 4 inci, baterai 1.500 mAh, serta kamera depan 5 megapiksel dengan LED flash.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com