Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Minta Pengguna Download Aplikasi Moments Sebelum 7 Juli

Kompas.com - 15/06/2016, 15:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook mengimbau penggunanya untuk segera menginstal aplikasi Moments. Pasalnya, fitur Synced Photos pada aplikasi mobile Facebook akan dihapus pada 7 Juli mendatang.

Synced Photos sendiri selama ini berguna untuk sinkronisasi foto. Tiap kali pengguna membidik foto dari kamera smartphone, foto itu akan tersimpan otomatis pula ke album privasi pada akun Facebook.

Album itu dinamai sesuai waktu pembidikan. Tujuannya, pengguna tak perlu kesulitan saat ingin mencari foto-foto lama karena penyimpanannya lebih terorganisir.

Moments memiliki fungsi serupa. Aplikasi gratis tersebut akan mengelompokkan foto-foto pengguna berdasarkan orang yang muncul pada foto dan waktu penjepretan.

Teman Facebook juga bisa menambahkan foto pada peristiwa yang sama ke album Moments pengguna. Hal ini untuk memudahkan pembagian foto antara pengguna dan teman-teman.

Sayangnya, adopsi aplikasi Moments terhitung lambat, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (15/6/2016). Diperkenalkan sejak 2012 lalu, aplikasi tersebut baru menduduki posisi ke-10 sebagai aplikasi gratis terpopuler di Apple App Store.

Diduga kuat, penghapusan fitur Synced Photos adalah strategi Facebook untuk menambah basis pengguna Moments. Jika tertarik, Anda bisa menginstal aplikasi tersebut lewat Google Play Store atau Apple App Store.

Jika tak tertarik, sebaiknya Anda menggandakan kembali foto-foto dari Synced Photos ke smartphone atau PC sebelum 7 Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com