Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Dikabarkan Akuisisi Startup Indonesia "Kudo"

Kompas.com - 14/02/2017, 07:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Grab agaknya terus bergerak untuk memantapkan posisi di pasaran transportasi online Indonesia.

Kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa perusahaan asal Malaysia ini berniat mengakuisisi startup lokal Kudo dengan nilai 100 juta dollar AS atau lebih dari Rp 1,3 triliun.

Kudo yang namanya merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online) sendiri adalah startup lokal yang memfasilitasi transaksi online untuk pengguna di Indonesia.

Dana untuk akuisisi itu berasal dari komitmen investasi Grab di Indonesia sebesar 700 juta dollar AS (Rp 9,3 triliun) yang baru-baru ini diumumkan.

Konsumen yang ditarget Kudo adalah masyarakat di daerah dan kota-kota kecil yang tidak memiliki rekening bank.

Perusahaan rintisan yang didirikan pada 2014 ini menyediakan jual beli aneka produk, mulai dari produk rumah tangga hingga voucher game serta tiket kereta dan pesawat.

Akuisisi Grab atas Kudo bakal membantu perusahaan ride sharing tersebut dalam mengembangkan usaha di ranah online payment.

Seorang sumber menuturkan bahwa akuisisi kemungkinan bakal segera diumumkan, secepat-cepatnya minggu ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters Selasa (14/2/2017).

Baik Grab maupun Kudo menolak berkomentar mengenai kabar akuisisi di atas.

Grab diketahui meraup 750 juta dollar AS dalam sesi pendanaan yang dilakukan pada September tahun lalu, hanya sebulan setelah rival beratnya Go-Jek, melakukan hal yang sama dan menerima pendanaan 550 juta dollar AS.

Baca: Mantan Kapolri Badrodin Haiti Jadi Komisaris Utama Grab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com