Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

19 Keseruan di Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google

Di samping balon-balon kuning yang disusun membentuk deretan huruf “Ggle”, ada sebuah kue dengan lilin ulang tahun berangka “19”. Di sampingnya ada sebuah roda keberuntungan "Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google" yang bisa diputar.

Nah, roda keberuntungan ini berisi 19 buah doodle kejutan yang pernah ditayangkan oleh Google sebelumnya. Kebanyakan berupa animasi dan permainan, mulai dari doodle turntable hiphop, Beethoven, Halloween kucing, hingga game Snake.

Caranya, klik roda keberuntungan "Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google" yang terletak di laman beranda. Pengguna kemudian akan dibawa ke laman hasil search kata kunci “Google birthday surprise spinner” atau "Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google".

Roda keberuntungan tadi muncul di urutan teratas laman pencarian dengan sebuah tombol “spin”. Tombol inilah yang mesti ditekan untuk memutar roda, yang kemudian akan berhenti secara acak di salah satu dari 19 doodle permainan.

Sejak tahun 2006, Google merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 27 September. Tapi sebelum itu yang ditetapkan sebagai tanggal ulang tahun sang raksasa internet adalah 26 September.

Tahun 2004, doodle yang merayakan ulang tahun ke-6 Google ditayangkan pada 7 September, dan di tahun sebelumnya pada 8 September.

Google sendiri sebenarnya resmi didirikan sebagai perusahaan pada 4 September 1998. Jadi, tanggal itulah yang paling dekat sebagai “ulang tahun perusahaan”.

Tahun 2013, Google mengakui bahwa pihaknya sendiri tidak yakin kapan perusahaan seharusnya merayakan ulang tahun. Setidaknya sudah ada 4 tanggal berbeda yang dirayakan sebagai ualng tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2017/09/27/08540247/19-keseruan-di-pemutar-kejutan-ulang-tahun-google

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke