Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle, Tarian Khas Flores dengan Bambu

Kompas.com - 29/04/2024, 07:37 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Google doodle hari ini menampilkan Tari Rangkuk Alu. Halaman utama Google menampilkan logo Google di mana dua huruf o diganti dengan bambu yang menyilang.

Tari Rangkuk Alu merupakan sebuah permainan tradisional dari Manggarai Flores. Dalam permainan ini, beberapa pemain akan mengayunkan bambu seperti menjepit, sementara satu atau dua pemain melompat-lompat menghindari jepitan.

Gerakan melompat-lompat ini kemudian menjadi dasar dari Tari Rangkuk Alu. Para penari memadukan gerakan mereka dengan irama musik dan lagu daerah, memadukan ketangkasan dan menciptakan seni yang khas.

Baca juga: 2 Cara Mencari Titik Koordinat Lokasi di Google Maps dengan Mudah dan Cepat

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Manggarai Barat, tari Rangkuk Alu dahulunya dipertunjukkan setelah panen raya atau pada bulan purnama, di mana remaja berkumpul dan meramaikan acara tersebut.

Penari-penari akan mengenakan pakaian adat khas Manggarai dengan lengkap, termasuk kain songket dan ikat kepala, yang menambahkan pesona yang eksotis pada pertunjukan ini.

Ditemani oleh musik tradisional seperti gendang dan gong, Tari Rangkuk Alu menjadi harmoni yang memukau antara gerakan, irama, dan kecantikan.

Baca juga: 10 Game Google Gratis yang Seru buat Dimainkan, Ada Pac Man, Snake, dll

Tari Rangkuk Alu bukan sekadar pertunjukan biasa, melainkan merupakan representasi dari kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Karena itu, tidak mengherankan jika tarian ini sering menjadi pusat perhatian dalam berbagai acara budaya dan menjadi bagian penting dalam penyambutan tamu-tamu terhormat di Manggarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com