Salin Artikel

Browser Opera Terbaru Punya Dompet Digital dan Dukung Web 3.0

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Opera memperbarui peramban website besutannya ke versi 60. Pembaruan yang memiliki nama lain Reborn 3 ini, memiliki sejumlah fitur baru dan peningkatan dari seri sebelumnya.

Salah satu fitur yang menarik adalah dukungan penelusuran Web 3.0. Dengan ini, peramban Opera bisa mengakses situs serta aplikasi web model terbaru, seperti aplikasi dan situs berbasis blockchain.

Sebagai informasi, blockchain sendiri sejatinya merupakan teknologi guna melacak volume transaksi digital berupa basis data global online yang bisa diakses oleh siapapun melalui internet.

Nah, untuk mengaksesnya, ada teknologi ini guna membagi basis data tersebut ke beberapa blok yang terkoneksi melalui sebuah jaringan bak rantai di dunia maya.

Opera versi terbaru ini diklaim bisa mengakses situs dan aplikasi yang dibuat dengan teknologi blockchain ini.

Dompet digital

Sebagai tambahan dan penunjang dari dukungan Web 3.0, Opera juga menyematkan fitur dompet digital (crypto wallet) ke dalam peramban versi terbarunya.

Dompet digital ini bisa digunakan untuk bertransaksi di aplikasi serta situs berbasis blockchain tadi.

Kemudian, untuk verifikasi pembayaran, Opera menggunakan sistem keamanan fingerprint atau otentikasi wajah yang bisa diakses dari aplikasi Opera Browser versi Android.

Seluruh akses token yang digunakan melalui fitur dompet digital di peramban Opera versi desktop akan tetap tersimpan aman di smartphone.

Meski begitu, tidak dijelaskan apakah peramban Opera mobile versi iOS bisa mendukung fitur ini atau tidak.

Desain baru

Selain dukungan Web 3.0, pada Reborn 3, Opera juga turun memoles desain perambannya. Salah satunya dengan tampilan jendela borderless design dan dua pilihan mode tampilan gelap dan terang.

Ada pula berbagai tools untuk menunjang penelusuran di ranah maya, seperti unlimited VPN, fitur pemblokir iklan (ad-blocker), serta tombol snapshot praktis yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar (screenshot).

Fitur screenshot ini bisa diakses dengan menekan ikon "kamera" di sebelah kotak alamat URL, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Opera, Rabu (10/4/2019).

Fitur-fitur di atas sudah tersedia pada peramban Opera versi desktop di sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/10/16390047/browser-opera-terbaru-punya-dompet-digital-dan-dukung-web-3.0

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.