Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Xiaomi Bakal Punya "Laci Aplikasi" Sendiri

Setelah lama dinanti, Xiaomi akhirnya siap merilis laci aplikasi bikinan sendiri, dan akan terpasang langsung di MIUI. App drawer ini tersemat pada MIUI versi 4.10.6.1025-06141703 yang masih dalam tahap pengembangan awal.

Dari tangkapan layar yang beredar, Xioami masih menggunakan cara konvensional dengan tombol di layar beranda untuk membuka laci aplikasi, alih-alih memakai gestur. Setelah dibuka, deretan aplikasi akan muncul berdasarkan abjad.

Daftar aplikasi terbagi menjadi dua kategori. Sisi atas adalah jajaran aplikasi yang baru dibuka (recent apps), sementara bagian bawah akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang di ponsel.

App drawer bisa ditutup dengan menekan anak panah ke bawah, atau dengan menekan tombol kembali. Sayangnya, app drawer tidak bisa ditutup dengan gestur mengusap layar ke bawah.

Selain app drawer, ada pula shortcut atau pintasan untuk membuka aplikasi. Sehingga saat aplikasi ditekan agak lama, akan muncul beberapa fitur kunci dari aplikasi tersebut agar bisa langsung digunakan.

Sejatinya, fitur shortcut bukanlah hal baru. Dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (19/6/2019), fitur ini sudah ada sejak Android 7 Nougat.

Karena masih dalam pengembangan awal, skema app drawer Xiaomi ini masih berpotensi dirombak dari informasi yang sudah terkuak saat ini. Pengguna memang bisa menjajal app drawer itu dengan mengunduhnya melalui platform pihak ketiga.

Tapi konsekuensinya, app drawer tidak akan berjalan stabil sehingga akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Ada baiknya untuk bersabar hingga Xiaomi benar-benar merilisnya secara resmi. Sayangnya, belum diketahui kapan app drawer ini akan resmi diluncurkan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/19/16310057/ponsel-xiaomi-bakal-punya-laci-aplikasi-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke