Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Reels dan Instagram Music Resmi Hadir di Indonesia

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan bahwa kedua fitur ini hadir untuk memanjakan pengguna khususnya bagi mereka yang gemar berekspresi melalui media sosial.

"Kami melihat bahwa Instagram adalah rumah bagi para kreator untuk mengekspresikan dirinya lewat konten-konten yang dibagikan. Untuk itu, Reels dan Music ini bisa menjadi pelengkap bagi mereka," tutur Lydian dalam sesi conference call, Rabu (23/6/2021).

Sebelumnya, Instagram Music telah dirilis sejak pertengahan 2018 lalu. Sementara, Reels pertama kali diperkenalkan oleh Instagram pada November 2019 lalu.

Fitur ini muncul di menu Sticker yang terdapat pada Stories. Ketika diklik, pengguna akan menjumpai koleksi lagu baik dari musisi lokal maupun luar negeri.

Di dalamnya, ada dua kolom yang tersedia yaitu "For You" untuk koleksi lagu yang direkomendasikan dan "Browse" yang merupakan kolom kategori lagu yang diurutkan berdasarkan genre.

Director of Entertainment Partnership Facebook Indonesia, Revie Sylviana, menuturkan bahwa semua musik yang disediakan telah mendapat izin dari pihak label sehingga aman dipakai untuk membuat konten.

"Kami (Instagram) memastikan bahwa lagu yang tersedia di dalam Music sudah mendapatkan izin lisensi dan aman untuk digunakan," jelas Sylviana.

Pada menu tersebut akan muncul stiker Musik. Klik stiker Musik lalu pilih salah satu lagu yang akan digunakan. Nantinya, Stories akan tampil dengan latar belakang musik yang sudah dipilih tadi.

Menariknya lagi, pengguna juga dimungkinkan untuk menambahkan lirik ke dalam konten tersebut.

Serupa dengan TikTok, pengguna bisa membuat video pendek Reels diiringi dengan beragam musik, efek, serta tingkat kecepatan video langsung dari fitur kamera di aplikasi Instagram.

Video Reels yang dibuat oleh pengguna bisa dibagikan ke teman-teman lewat fitur Instagram Stories, Feeds, ataupun Direct Message.

Apabila dibagikan di Instagram Stories, video Reels bakal hilang setelah 24 jam, sedangkan jika diunggah di Feed, video tersebut akan terpampang di halaman profil pengguna, sama seperti ketika mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

Pengguna lantas bisa mengatur apakah video Reels bisa dilihat orang lain (public) atau tidak (private).

Jika bersifat publik, konten tersebut akan bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di fitur Explore.

Di halaman khusus tersebut, pengguna bisa melihat aneka konten Reels yang bisa ditelusuri dengan cara menggulirkan layar ke atas (scroll), mirip fitur "For Your Page" di aplikasi TikTok.

Untuk mencicipi kedua fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru lewat Google Play Store untuk Android melalui tautan berikut , dan App Store untuk iOS melalui link berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/23/12374037/fitur-reels-dan-instagram-music-resmi-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke