Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghemat Kuota Data Google Meet Saat Belajar Online

Meski bermanfaat, namun penggunaan Google Meet yang terlalu lama dapat menguras kuota data internet dengan jumlah yang cukup besar.

Menurut Google, pengguna Google Meet setidaknya dapat menghabiskan kuota data sebanyak 2,6 GB per jam dalam pengaturan kualitas video HD (720p). Sementara, penggunaan Google Meet pada kualitas SD (480p) dapat memakan kuota internet sebanyak 0,9 GB setiap jamnya.

Angka ini bisa berlipat-lipat karena durasi belajar online biasanyamencapai beberapa jam setiap harinya. Untungnya, Google menyediakan cara untuk menghemat penggunaan kuota data agar tidak boros.

Untuk mengetahuinya, silakan simak langkah-langkah di bawah ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Republic, Rabu (18/8/2021).

Cara menghemat penggunaan data Google Meet di Android dan iOS

Fitur untuk menghemat penggunaan data dapat ditemukan di Google Meet versi Android dan iOS. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

Resolusi bisa diturunkan baik untuk video yang dikirim (video dari komputer pengguna) maupun video yang diterima (video dari peserta lain dalam meeting). Caranya sebagai berikut.

Pengaturan di atas bisa dilakukan oleh peserta meeting. Selain dari sisi peserta, host di Google Meet juga bisa mengatur resolusi video yang ditampilkan selama sesi video conferencing berlangsung. Caranya di bawah ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/18/20100027/cara-menghemat-kuota-data-google-meet-saat-belajar-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke