Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susul Telegram, WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur "Polling" di Grup

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur baru WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur pemungutan suara ini ditemukan di aplikasi WhatsApp Beta untuk Android, tepatnya versi Beta 2.22.6.70.

Fitur polling dapat digunakan pengguna untuk dapat mengajukan sebuah topik atau pertanyaan yang relevan kepada grup. "Polling" yang sudah dibuat nantinya dapat dibalas oleh pengguna lain.

Kehadiran fitur "Polling" dapat dimanfaatkan untuk membantu melakukan pengambilan keputusan dalam sebuah grup. "Polling" nantinya dapat dijumpai pada setiap grup yang ada di WhatsApp.

Apabila dilihat dari manfaat yang ditawarkan, "Polling" dapat mempermudah anggota grup yang ingin merencakan suatu topik tertentu, misalnya agenda untuk bepergian bersama.

Menurut WABetaInfo, polling yang dibuat serta jawaban yang diajukan oleh anggota grup akan dienkripsi secara end-to-end.

WhatsApp menjamin bahwa pesan yang dikirim antara pengguna akan dilindungi, sehingga tidak dapat diintip oleh peretas yang mencegat jalur komunikasi.

Dengan kata lain, hanya anggota yang tergabung di dalam grup saja yang dapat melihat polling dan hasil jawaban yang diajukan.

Sebelumnya, WhatsApp juga sedang menguji coba sebuah fitur khusus untuk grup yang dikenal dengan sebutan "Community" atau "komunitas" dalam bahasa Indonesia.

Sesuai namanya, fitur tab "Komunitas" berfungsi untuk melihat daftar komunitas yang tergabung di kontak WhatsApp pengguna.

Setiap admin yang tergabung dalam grup dapat memindahkan grup mereka ke tab "Komunitas". Alhasil, pengguna bisa memisahkan grup dengan kumpulan percakapan personal yang ada di tab "Chats".

Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (9/3/2022), fitur tab Community sedang dalam tahap uji coba di aplikasi WhatsApp Beta versi 2.22.6.9 untuk Android.

Belum diketahui secara pasti kapan kedua fitur ini akan bisa digunakan secara resmi oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Apabila mengacu pada tradisi sebelumnya, WhatsApp baru akan menggelontorkan fitur terbaru dalam selang waktu beberapa bulan setelah diuji coba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/09/12010057/susul-telegram-whatsapp-bakal-hadirkan-fitur-polling-di-grup

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.