Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar PKN STAN 2022 Lewat Online, Simak Syarat dan Biaya Pendaftarannya

KOMPAS.com - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) sedang membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV tahun 2022.

Pendaftaran dibuka mulai 9 April 202 hingga 30 April 2022 dan dilakukan secara online melalui laman dikdin.bkn.go.id

PKN STAN akan menerima putra -putri warga negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada PKN STAN dengan program studi Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik.

Untuk selengkapnya, berikut ini cara dan syarat pendaftaran yang perlu diperhatikan dilansir dari Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor
B/512/M.SM.01.00/2022

Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat mengunggah tambahan dokumen antara lain:

  • Surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Papua dan Papua Barat
  • Formulir surat keterangan dapat diunduh pada laman berikut ini 

Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur mengunggah tambahan dokumen antara lain:

  • Ijazah SD dan Ijazah SMP
  • Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung; dan
  • Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.
  • Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman berikut ini
  • Melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran
  • Logout dari portal https://dikdin.bkn.go.id  untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal SPMB PKN STAN 2022

Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal SPMB PKN STAN 2022 di sini yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

a. login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal dikdin.bkn.go.id 
b. mengisi data pilihan program studi
c. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online dan
d. mengunci data

Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

  • Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
  • Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:
  1. Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
  2. Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur
  3. Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat

Biaya pendaftaran

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Biaya pendaftaran SPMB PKN STAN 2022 sebesar Rp 350.000 dan sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp 50.000.

Untuk jadwal dan informasi selengkapnya terkait pendaftaran PKN STAN 2022 Anda dapat mengunduh Surat Edaran Pendaftaran PKN STAN 2022 pada tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/12/13450017/cara-daftar-pkn-stan-2022-lewat-online-simak-syarat-dan-biaya-pendaftarannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke