Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Menggunakan ChatGPT OpenAI di HP dan Laptop

ChatGPT kini banyak digunakan orang karena chatbot AI gratis ini bisa menjawab berbagai pertanyaan secara luwes.

Luwes di sini maksudnya, ChatGPT bisa memahami konteks percakapan dan memberi teks jawaban sesuai konteks, sehingga tidak kaku layaknya robot.

Pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAUs) ChatGPT bahkan diklaim tembus angka 100 juta orang per awal Februari lalu. Setidaknya begitulah menurut laporan dari perusahaan finansial asal Swiss, UBS.

Menurut UBS, yang mengutip data pengukur trafik internet dan situs web Similarweb, angka tersebut merupakan jumlah pengguna aktif bulanan per akhir Januari 2023.

ChatGPT sendiri diluncurkan pada November 2022 lalu, artinya hanya butuh waktu dua bulan bagi OpenAI untuk menarik 100 juta pengguna aktif bulanan ke platform chatbot tersebut.

Secara spesifik, UBS mengatakan bahwa ada sekitar 13 juta pengguna yang mengakses ChatGPT setiap harinya di bulan Januari 2023 kemarin, dua kali lipat lebih banyak dibanding bulan Desember 2022.

Apa saja hal yang bisa dilakukan ChatGPT? Secara umum, ChatGPT bisa membuat teks sesuai perintah, melengkapi kalimat, menerjemahkan kalimat dari berbagai bahasa, hingga membuat dialog percakapan.

Bahasa utama yang didukung ChatGPT adalah bahasa Inggris. Namun, chatbot AI dari OpenAI ini juga mendukung 94 bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia, Jawa, Perancis, Rusia, Italia, Portugis, hingga bahasa Arab.

Bila penasaran ingin mencoba, berikut cara menggunakan ChatGPT secara gratis dan mudah.

Perlu dicata, chatbot ChatGPT OpenAI ini situs yang diakses lewat peramban (browser), bukan berbentuk aplikasi yang diunduh di toko aplikasi.

Cara menggunakan ChatGPT OpenAI di laptop

Pada dasarnya, cara menggunakan chatbot ChatGPT di laptop dan di HP sama.

Baik di HP atau laptop, pengguna bisa memberikan masukan atau feedback (jempol ke atas untuk suka atau jempol ke bawah untuk tidak suka) untuk setiap jawaban yang diberikan ChatGPT terhadap pertanyaan atau perintah pengguna.

Bila sudah login, pengguna bisa kembali menggunakan ChatGPT kapan saja mereka mau. Biasanya, riwayat pertanyaan dari pengguna serta jawaban ChatGPT bisa dilihat di pojok kiri atas.

Selamat mencoba! 

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/20/18010087/cara-mudah-menggunakan-chatgpt-openai-di-hp-dan-laptop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke