Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Realme C53 NFC Resmi di Indonesia | Bos Perusahaan ChatGPT Butuh Bantuan Indonesia, Untuk Apa?

Selain itu, ada pula berita soal pendiri Twitter, Jack Dorsey, yang berkomentar soal kinerja Elon Musk yang kini menahkodai Twitter. Dorsey cukup banyak mengeluarkan isi hatinya terkait Elon Musk dan Twitter.

Berita teknologi lainnya adalah soal Sam Altman, CEO OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT yang berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungannya, Sam mengungkapkan satu hal, di mana ia membutuhkan bantuan Indonesia.

Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Realme C53 NFC resmi di Indonesia

Realme C53 NFC akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Ponsel ini memiliki desain yang agak mirip dengan iPhone 14 Pro, baik di bagian depan maupun belakang.

Pada bagian punggung, perangkat ini dilengkapi modul kamera berbentuk persegi yang diisi tiga "cincin" dengan penempatan zig-zag. Ketiga cincin itu memuat dua kamera belakang dan satu LED flash.

Di bagian depan, ponsel ini dilengkapi fitur Mini Capsule yang membuat modul kamera selfie menjadi lebih lebar, ala Dynamic Island di iPhone 14 Pro.

Spesifikasi Realme C53 NFC selengkapnya bisa disimak di artikel "Realme C53 NFC Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan".

Salah satu personel The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan bakal merilis "lagu terakhir" dari band asal Inggris itu. Lagu itu rencananya akan dirilis tahun ini.

Uniknya, lagu itu akan diproduksi dengan melibatkan teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Lagu ini diambil dari demo yang direkam oleh John Lennon sesaat sebelum kematiannya pada 1980. Berkat teknologi AI, Paul mengekstrak suara Lennon dengan "bersih" alias tanpa ada kebisingan di latar belakang suara. Kemudian, suara itu diduetkan dengan suara Paul.

Selengkapnya bisa menyimak artikel "Berkat AI, The Beatles Akan Rilis Lagu Terakhir Tahun Ini".

Curhatan pendiri Twitter soal Elon Musk

Dalam sebuah kesempatan wawancara, Jack Dorsey buka-bukaan mencurahkan isi hatinya soal Elon Musk, yang kini menjadi pemilik Twitter. Menurutnya, Musk sangat buru-buru dan tidak sabar dalam mengambil kebijakan untuk menjalankan Twitter.

Dorsey juga mengungkapkan apa yang dilakukan Twitter selama ini tampak sembrono. Banyak keputusan Musk yang menurutnya diambil tanpa pikir panjang.

Misalnya saja seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) massal, "menjual" lencana biru yang sebelumnya gratis lewat langganan Twitter Blue, dan sebagainya.

Curhatan Dorsey selengkapnya bisa disimak di artikel "Curhatan Pendiri Twitter Lihat Kelakuan Elon Musk".

Seorang anak berusia 14 tahun bernama Kairan Quazi dari Amerika Serikat, direkrut perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX. Remaja ini direkrut sebulan sebelum ia diwisuda dari Universitas Santa Clara pada 17 Juni nanti.

Kairan akan menempati posisi insinyur perangkat lunak (software engineer) di Starlink, yakni divisi SpaceX yang menyediakan layanan internet satelit. Dengan begitu, Kairan menjadi karyawan paling muda dalam sejarah SpaceX.

Kairan pun mengekspresikan antusiasmenya lewat media sosial Instagram. Dalam postingannya, ia juga menunjukkan e-mail dari SpaceX terkait perekrutan itu.

Cerita Kairan Quazi selengkapnya bisa disimak di artikel "Bocah 14 Tahun Direkrut SpaceX, Jadi Karyawan Termuda di Starlink".

ChatGPT menjadi chatbot populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu yang menarik dari chatbot itu adalah keluwesannya dalam menjawab pertanyaan pengguna. Dalam artian, bahasa yang digunakan tidak lah kaku, seperti bahasa sistem atau robot.

ChatGPT juga tidak hanya mendukung bahasa Inggris, melainkan bahasa Indonesia juga. Akan tetapi, kemampuannya dinilai belum optimal ketika pengguna memasukkan kueri dalam bahasa Indonesia.

Nah, bos ChatGPT, Sam Altman, mengaku dirinya sangat ingin meningkatkan dukungan bahasa Indonesia di ChatGPT. Untuk mewujudkannya, ia membutuhkan bantuan dari pengguna di Indonesia.

Sam mengharapkan Indonesia bisa membuat dataset dalam Bahasa Indonesia untuk melatih dan mengevaluasi model bahasa generasi selanjutnya. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Bos ChatGPT Buka-bukaan Butuh Bantuan Indonesia".

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/16/07000017/-populer-tekno-realme-c53-nfc-resmi-di-indonesia-bos-perusahaan-chatgpt-butuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke