Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Situs Cek Plagiarisme Gratis dan Berbayar untuk Skripsi dan Jurnal

Salah satunya ketentuan dilarang menjiplak atau plagiat karya tulis lain. Maka dari itu setiap skripsi dan jurnal wajib melalui proses pengecekan plagiarisme untuk memastikan karya tulis asli dan bukan jiplakan atau saduran.

Untuk memastikan tulisan original, penulis bisa memanfaatkan berbagai situs cek plagiarisme gratis dan berbayar yang bisa diakses di internet dengan mudah. 

Pengecekan ini berguna untuk membantu penulis menghasilkan karya asli sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Lantas apa saja lima situs cek plagiarisme gratis dan berbayar untuk skripsi dan jurnal? Selengkapnya berikut ini beberapa situsnya.

Dupli Checker salah satu situs cek plagiarism gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek skripsi maupun jurnal. Situs ini memungkinkan pengguna mengecek plagiarisme hingga 25.000 kata.

Tersedia fitur gratis yang bisa diakses pengguna dalam sekali cek per hari. Apabila pengguna mendaftar akun Dupli Checker maka dapat menggunakannya sebanyak 50 kali pengecekan sehari.

Untuk menggunakannya juga mudah, pengguna bisa langsung menyalin dan menempelkan tulisan, maupun mengunggah dokumen dari komputer maupun url website. Apabila ingin mencobanya dapat mengunjungi situs https://www.duplichecker.com/ berikut ini.

Scribbr review merupakan situs cek plagiarisme yang menawarkan versi gratis terbatas. Untuk melihat laporan lengkap, Anda perlu membeli versi premium dengan harga antara 19, 95 dollar AS atau sekitar Rp 298 ribu hingga 19,95 dollar AS atau setara Rp 598 ribu. Sribbr review cukup akurat hingga 83 persen dari situs plagiarisme gratis lainnya. 

Scribbr reviw dikembangkan dalam kemitraan dengan Turnutin, sehingga cukup akurat dalam melakukan pemeriksaan plagiarisme. Apabila Anda ingin mencobanya, dapat menuju situs https://www.scribbr.com/. 

Paper Rater memiliki beberapa fitur yang tak hanya untuk mengecek plagiarisme namun juga Proofreader & Grammar Check, dan Vocabulary Builder. Anda bisa menggunakan fitur-fitur tersebut untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa dan lainnya.

PaperRater merupakan situs cek plagiarisme gratis hingga lima halaman. Namun apabila ingin mengakses fitur lanjutannya dan bebas iklan, pengguna bisa berlangganan mulai 7,95 dollar AS atau sekitar Rp 119.000. Untuk mencobanya, Anda bisa mengunjungi situs www.paperrater.com. 

Situs cek plagiarisme selanjutnya ada Quetext yang dapat mengecek plagiarisme gratis hingga 500 kata. Apabila Anda ingin mengecek tulisan lebih dari 500 kata atau mengunggah dokumen maka harus berlangganan mulai dari 8,25 per bulan atau sekitar Rp 123 ribu.

Apabila Anda berlangganan maka pengguna dapat mengecek tulisan hingga 100.000 kata. Quetext dapat mendeteksi lebih banyak plagiarisme rata-rata 49 persen lebih akurat dari pada tools gratis lainnya. Untuk mengakses situs plagiarisme dapat menuju www.quetext.com. 

Situs cek plagiarisme ini berbasis cloud yang ditujukan untuk kepentingan pendidikan dan bisnis. Copyleaks dapat memindai konten dalam berbagai format file dan semua bahasa Unicode. Copyleaks memungkinkan Anda menggunakan tools API untuk mencari konten e-Learning yang dijiplak di seluruh Internet.

Untuk menggunakannya pengguna harus melakukan pendaftaran akun dan pengguna gratis hanya dapat mengakses 10 halaman pertama. Pengguna bisa berlangganan Copyleaks mulai dari 9,16 dollar AS atau berkisar Rp 137 ribu. Apabila Anda ingin mencobanya dapat menuju https://copyleaks.com/. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/24/16150057/5-situs-cek-plagiarisme-gratis-dan-berbayar-untuk-skripsi-dan-jurnal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke