Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Alasan Pakai AC Samsung WindFree Ultra, Bisa Dikontrol dengan HP

AC Samsung WindFree Ultra ini diluncurkan sebagai jawaban untuk kebutuhan udara segar guna mendukung kesehatan, mengingat kendala kualitas udara yang banyak dikeluhkan di beberapa daerah akhir-akhir ini, termasuk di Jabodetabek.

Menurut data dari IQ Air, kualitas udara di Jakarta pada saat berita ini ditayangkan, termasuk dalam kondisi tidak sehat dan berada di peringkat 14 terburuk di dunia.

Dilansir dari situs tersebut, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 88 dengan polutan utamanya yakni PM 2,5 dan nilai konsentrasi 30 µg/m³ (mikrogram per meter kubik).

"Konsentrasi PM 2.5 di Jakarta saat ini 6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian keterangan dari situs IQAir.

Bukan hanya di luar ruangan, udara di dalam ruangan pun bisa kotor dan tercemar oleh polutan konsentrasi PM 2,5, dan bahaya kesehatan pun bisa mengancam.

Ini menjadi salah satu alasan Samsung menghadirkan produk pendingin udara yang juga bisa membersihkan udara, sebab AC WindFree Ultra dari Samsung dilengkapi dengan pemurni udara (Air Purification) dengan filter PM 1.0.

"Ini dapat mensterilkan kualitas ruangan dan mematikan bakteri hingga 99 persen", jelas Donny Libra selaku Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (10/7/2023).

Berikut ini adalah empat keunggulan AC Samsung WindFree Ultra yang bisa didapatkan konsumen.

Hindarkan dari kedinginan

WindFree Ultra mengadopsi teknologi wind cooling yang memungkinkan AC mentransfer angin ke 23.000 lubang. Dengan desain ini, semburan angin AC tidak akan langsung kena tubuh dan tidak terlalu keras, sehingga meminimalisir kedinginan.

Selain itu, dengan AI Auto Cooling, AC akan menganalisis berbagai data seperti kecepatan pendinginan, kelembaban udara, pendinginan yang paling nyaman, dan kondisi ruangan, untuk kemudian menyarankan mode pendinginan yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Filter Air Purification PM1.0

Fitur PM1.0 juga diklaim dapat menyaring partikel debu halus berukuran 0.3 μm (mikrometer), mensterilkan 90 persen jenis bakteri tertentu, agar dapat menghasilkan kualitas udara yang lebih baik.

Hemat Energi

Melalui aplikasi SmartThings, terdapat fitur Energy Monitoring di mana pengguna dapat memonitor penggunaan listrik AC.

Selain itu, Energy Monitoring juga bisa digunakan untuk menghitung estimasi biaya, menghemat energi listrik dengan saving mode, dan mengingatkan pengguna jika penggunaan energi sudah melewati batas.

Dengan teknologi Digital Inverter, AC ini hanya membutuhkan pasokan daya mulai dari 180 Watt saja. Samsung mengeklaim pengguna bisa menghemat listrik hingga 73 persen

Sebab, Digital Inverter akan mempertahankan suhu yang diinginkan tanpa sering mati dan hidup, sehingga mengurangi fluktuasi penggunaan listrik.

Digital Inverter pada Samsung AC WindFree Ultra hadir dengan kipas yang 15 persen lebih besar, blade yang 31 persen lebih lebar, dan inlet yang 18 perseb lebih lebar.

Dengan fitur-fitur ini, AC mampu melakukan pendinginan ke sudut demi sudut ruangan 45 persen lebih cepat dan menjangkau lebih jauh, sampai 15 meter.

Terhubung SmartThings

WindFree Ultra masuk dalam kategori produk Internet of Things (IoT) garapan Samsung. Karena itu, AC ini pun dapat dikontrol menggunakan aplikasi Smart Things dan perintah suara mengandalkan asisten virtual, Bixby Samsung.

Pengguna juga dimungkinkan mematikan, menyalakan AC, mengaktifkan sejumlah fitur menggunakan Bixby. AC WindFree Ultra pun dapat mendeteksi lokasi pengguna jika sudah dekat dengan rumah.

Fitur lain yang dimiliki SmartThings adalah Welcome Cooling di mana fitur tersebut berbasis GPS. Saat posisi Anda sudah mendekati rumah, SmartThings akan memberikan notifikasi untuk menyalakan AC dari ponsel. Udara sejuk nyaman sudah siap menyambut Anda di rumah.

Fitur ini juga akan mengingatkan untuk mematikan AC saat Anda keluar rumah dan lupa mematikan AC.

Dengan fitur Welcoming Cooling yang berbasis GPS, ketika sistem mendeteksi lokasi pengguna sudah dekat dengan rumah, maka sistem akan memberi notifikasi apakah ingin menyalakan AC di rumah atau tidak.

Sehingga, ketika sampai di rumah, pengguna bisa nyaman karena mendapati AC telah mendinginkan seluruh ruangan.

Harga AC Samsung WindFree Ultra di Indonesia

AC Samsung WindFree Ultra yang dirilis di Indonesia terdiri atas tiga model, yaitu 1 PK, 1,5 PK, dan 2 PK. Untuk harga, berikut adalah rinciannya:

  • Samsung WindFree Ultra Air Conditioner 1 PK: Rp 8.299.000
  • Samsung WindFree Ultra Air Conditioner 1,5 PK: Rp 9.999.000
  • Samsung WindFree Ultra Air Conditioner 2 PK: Rp 13.599.000

Samsung WindFree Ultra sudah dapat dibeli di laman resmi Samsung Indonesia, yaitu Samsung.com dan akan mendapat sejumlah benefit saat melakukan pembelian.

Mulai dari pemasangan AC tanpa dipungut biaya apapun dan satu unit filter di luar ruangan (outdoor) secara gratis.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/14040237/4-alasan-pakai-ac-samsung-windfree-ultra-bisa-dikontrol-dengan-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke