Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy Z Flip 5 Resmi Meluncur, Engsel Baru dan Layar Sekunder Lebih Besar

Sebagai suksesor Galaxy Z Flip 4, desain Galaxy Z Flip 5 mengalami perubahan yang signifikan. Misalnya, layar depan yang kini lebih besar, serta teknologi engsel baru yang membuat ponsel bisa dilipat lebih rapat.

Upgrade tersebut membuat Samsung Galaxy Z Flip 5 hadir dengan tiga aspek baru, yaitu layar sekunder yang lebih besar, pengalaman selfie yang lebih baik dari segala angle, serta desain yang ringkas dan nyaman disimpan di saku celana (pocketable design) saat dibawa ke mana-mana.

"Hari ini kami dengan bangga memperkenalkan perangkat-perangkat terbaru di ekosistem Galaxy kami, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan masih banyak lagi," ujar TM Roh, President and Head of MX Business Samsung di acara peluncuran di COEX Convention Hall, Gangnam, Seoul.

Sementara Stephanie Choi, EVP & Head of Marketing MX Business Samsung mengatakan desain Galaxy Z Flip 5 terinspirasi dari manusia, yang ingin meningkatkan pengalaman/kebutuhan penggunanya.

"Galaxy Z Flip 5 itu personal, kuat dan mudah dikantongi, dan kami tidak sabar untuk menunggu Anda memegangnya," imbuh Stephanie.

Layar sekunder lebih besar

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 sendiri ditingkatkan dari sebelumnya 1,9 inci (Galaxy Z Flip 4) menjadi 3,4 inci, membuat punggung ponsel ini dipenuhi layar ketika dalam kondisi tertutup.

Layar sekunder berukuran jumbo itu dapat menangani sejumlah pekerjaan yang jauh lebih banyak dan kompleks dibanding sebelumnya.

Seperti mengakses Samsung Wallet untuk melakukan transaksi, membalas pesan, mengakses jendela notifikasi, dan melakukan pengaturan layar sekunder dengan lebih fleksibel.

Hanya saja, untuk membalas pesan, teks yang bisa ditampilkan maksimal 30 karakter. Hal tersebut dikarenakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5 tidak dapat menampung terlalu banyak informasi, dan bentrok dengan tampilan keyboard layar.

Layar yang kini lebih lega memungkinkan pengguna mengontrol lebih banyak gestur dan widgets. Misalnya, geser ke kanan untuk mengakses 11 widgets seperti Google Maps, WhatsApp, Netflix, Google Finance, dan sebagainya.

Kemudian geser dari bawah ke atas untuk mengatur jendela notifikasi seperti mengaktifkan mode pesawat (airplane mode), alarm. Gestur mencubit bisa menampilkan keseluruhan widgets yang ingin ditampilkan di layar sekunder.

Pengguna juga dimungkinkan melakukan pengaturan foto latar (wallpaper) yang ada di layar sekunder agar dapat lebih personal di tiap pengguna. Pengguna yang gemar membuat konten pun dapat memotret, vlogging dengan cara dan gaya yang baru.

Engsel baru

Dalam hal engsel layar, Samsung mengadopsi konstruksi engsel baru pada Galaxy Z Flip 5, yang membuat ponsel lipat ini memiliki desain lebih tipis, ringan, dan ringkas.

Dalam kondisi tertutup, ponsel juga dapat tertutup lebih rapat, tidak ada rongga/celah seperti yang dikeluhkan pengguna Galaxy Z Flip 4.

Sebagai perbandingan, dimensi Galaxy Z Flip 5 adalah 71,9 mm (lebar), 85,1 mm (tinggi), dan 15,1 mm (ketebalan) dalam kondisi terlipat.

Sementara itu, Galaxy Z Flip 4 berukuran 71,9 mm (lebar) x 84,9 mm (tinggi) x 17,1 mm (ketebalan).

Samsung Galaxy Z Flip 5 mengusung layar utama Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci, refresh rate 120 Hz dan resolusi Full HD Plus (2.640x1.080 piksel) dengan rasio 22:9 dan tingkat kecerahan maks 1.600 nits.

Sementara untuk layar sekunder di cover ponsel, seperti yang disebut di atas, berukuran 3,4 inci yang berpanel Super AMOLED. Layar sekunder memiliki refresh rate 60 Hz, resolusi 720x748 piksel, tingkat kerapatan 306 PPI.

Beralih ke sektor fotografi, Galaxy Z Flip 5 dilengkapi kamera ultra wide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 123 derajat dan kamera 12 MP (f/1.8) yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization/penstabil gambar). Sementara kamera di layar sekunder adalah 10 MP (f/2.2).

Kendati resolusi kamera Samsung Z Flip 5 sama dengan pendahulunya, Samsung mengeklaim bahwa hasil foto kamera Galaxy Z Flip 5 mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

“Konfigurasinya juga masih sama (dengan Galaxy Z Fold 5). Peningkatan dari segi processing (chipset) sehingga output-nya berbeda," ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

"Contohnya efek zoom-nya. Hasilnya berbeda, menjadi lebih jernih,” lanjut Verry dijumpai di sela Galaxy Unpacked 2023 di Seoul, Rabu (26/7/2023).

Bicara soal chipset, Galaxy Z Flip 5 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang disiapkan khusus oleh Qualcomm, seperti di Galaxy S23 Ultra. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 256 GB atau 512 GB.

Galaxy Z Flip 4 masih ditopang baterai yang sama dengan pendahulunya, yakni 3.700 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 25 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Fitur pendukung lainnya, perangkat sudah mendukung jaringan 5G, mengantongi sertifikasi IPX8, Wi-FI 6E, Bluetooth 5.3, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya, dan slot nano-SIM.

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5

Untuk harga, berikut adalah harga Samsung Z Flip 5 di Indonesia:

  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/256 GB): Rp 16 juta
  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/512 GB): Rp 18 juta

Varian warna yang dihadirkan adalah Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Tambahan warna eksklusif khusus pemesanan online terdiri dari Grey, Yellow, Green, dan Blue yang didesain dengan warna bingkai hitam doff.

Pre-order Samsung Galaxy Z Flip 5 sudah dapat dilakukan di toko online Samsung Indonesia mulai 26 Juli 2023 hingga 17 Agustus 2023.

Teruntuk konsumen pre-order, terdapat sejumlah benefit yang didapatkan, seperti gratis layanan Samsung Care Plus selama 1 tahun senilai Rp 2,6 juta atau dua tahun senilai Rp 5 juta.

Konsumen pre-order bisa mendapatkan cicilan dengan bunga nol persen selama 36 bulan oleh seluruh mitra bank, melakukan transaksi dengan sistem trade-in, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/26/18000027/samsung-galaxy-z-flip-5-resmi-meluncur-engsel-baru-dan-layar-sekunder-lebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke