Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Fitur Share Screen WA Akhirnya Bisa Dicoba | iPod Lawas Masih Segel Terjual Rp 441 Juta

Peluncuran fitur ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno. Selain itu, ada pula berita teknologi lain yang juga banyak dibaca, yakni ZTE Nubia Neo 5G yang kabarnya akan meluncur bulan ini.

Bocoran itu diungkap melalui akun media sosial resmi ZTE Indonesia, baik di Instagram maupun Facebook.

Ada pula berita lain soal iPod generasi pertama keluaran 2001 yang dijual hingga ratusan juta rupiah, dalam sebuah acara lelang. Lelang tersebut dimenangkan oleh seorang kolektor memorabilia olahraga dan teknologi.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

WhatsApp resi merilis fitur baru, yakni Share Screen. Fitur ini berfungsi untuk membagikan layar ketika pengguna sedang melakukan video call.

Jadi, lewat fitur share screen di WA, pengguna bisa membagikan layar atau konten yang tengah dibuka pada perangkatnya saat melakukan video call di WA.

Dengan demikian, pengguna lain bakal bisa melihat pula layar atau konten yang tengah dibuka pengguna. Adapun tombol "Share Screen" terletak tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?".

ZTE bersiap meluncurkan smartphone baru di Indonesia. Perusahaan bahkan sudah memberikan bocoran model smartphone yang bakal segera rilis di Tanah Air, yaitu ZTE Nubia Neo 5G.

Bocoran itu diungkap melalui akun media sosial resmi ZTE Indonesia, baik di Instagram maupun Facebook. Menurut postingan tersebut, ZTE Nubia Neo 5G bakal dirilis di Indonesia pada Agustus ini.

Namun perusahaan tak merinci tanggal dirilisnya ponsel tersebut. Terlepas dari informasi tersebut, ZTE belum mengungkap spesifikasi yang diusung oleh Nubia Neo 5G secara lengkap.

Bocoran spesifikasinya bisa disimak di artikel "ZTE Nubia Neo 5G Rilis di Indonesia Bulan Ini, Cek Spesifkasinya".

Pelanggan YouTube Premium bisa nonton video HD lebih bagus

YouTube kini menghadirkan opsi kualitas video high definition (HD) yang lebih baik bagi pengguna berbayar, alias pelanggan YouTube Premium.

Sebab, pengguna YouTube Premium kini bisa memilih opsi "1080p Premium HD", yang tersedia di aplikasi YouTube versi desktop di seluruh dunia. Opsi 1080p Premium HD merujuk pada kualitas video dengan bit rate 1080p.

Karena bit rate-nya ditingkatkan, maka video dengan 1080p Premium bakal lebih tajam dibanding 1080p HD saja.

Perbedaannya akan terlihat pada video dengan banyak detail yang rumit atau menampilkan banyak gerakan, misalnya pada video olahraga atau game.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Pelanggan YouTube Premium Bisa Nonton Video HD Lebih Bagus".

Pabrikan lokal Advan kembali meluncurkan serangkaian model laptop baru, salah satunya adalah laptop gaming bernama PixelWar yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 6600H dan GPU discrete Radeon RX 6500M.

Ryzen 5 6600H merupakan CPU 6-core (12 thread) dengan base clock 3,3 GHz dan boost clock 4,5 GHz, serta rating TDP sebesar 45 watt.

Sementara, Radeon RX 6500M memiliki 16 compute units dengan 1.024 stream processor, game frequency 2.191 MHz, dan GPU power 50 watt. Memorinya menggunakan GDDR6 berkapasitas 4 GB dengan bus 64-bit.

Spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Advan Luncurkan Laptop Gaming PixelWar, Ini Harganya".

Sebuah iPod generasi pertama keluaran tahun 2001 dengan kondisi masih segel pabrik, terjual dengan harga 29.000 dollar AS (sekitar Rp 441,2 juta) dalam sebuah lelang.

iPod ini dilelang oleh Rally, yakni sebuah platform yang memungkinkan investor untuk membeli saham dari koleksi barang yang langka.

Platform ini menaungi 500.000 kolektor dan memiliki museum di Kota New York, Amerika Serikat. Lelang iPod generasi pertama itu dimenangkan oleh seorang kolektor memorabilia olahraga dan teknologi.

Identitas kolektor tersebut dirahasiakan oleh Rally. Awalnya, iPod generasi pertama dengan penyimpanan 5 GB ini dibeli pada Desember 2001 oleh Fred Goodwin dan Betty Goodwin, di Apple Store, Mal Willowbrook, Texas, Amerika Serikat (AS).

Pasangan suami istri ini berniat untuk memberikan iPod ini sebagai kado Natal untuk putranya, Joseph. Saat itu, iPod masih dibanderol seharga 399 dollar AS (setara Rp 6 juta). Harga itu setara dengan 690 dollar AS (kira-kira Rp 10,5 juta) pada tahun 2023.

Joseph pun menerima hadiah iPod itu, kemudian menyimpannya di lemarinya dalam kondisi masih tersegel. Perangkat berwarna putih tersebut disimpan selama hampir dua dekade, bersama dengan kuitansi, cover pelindung hitam, dan tas plastik Apple berwarna biru.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "iPod Keluaran 2001 Masih Segel Terjual Rp 441 Juta".

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/10/07000007/-populer-tekno-fitur-share-screen-wa-akhirnya-bisa-dicoba-ipod-lawas-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke