Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Vendor yang Paling Banyak Produksi Ponsel Sedunia pada Triwulan II 2023

KOMPAS.com - Firma riset pasar TrendForce merilis laporan produksi smartphone global pada kuartal II-2023. Dalam laporan itu, TrendForce juga merangking daftar lima vendor smartphone terbesar di dunia, berdasarkan jumlah produksi dan pangsa pasarnya.

Menurut Trendforce, ada total 272 juta unit smartphone yang diproduksi berbagai vendor smartphone selama triwulan kedua 2023 lalu.

Samsung memimpin daftar 5 vendor smartphone terbesar di dunia versi TrendForce. Perusahaan ini sukses mengirimkan 53,9 juta unit smartphone pada kuartal II-2023. Angka ini menjadi yang tertinggi dibanding merek lainnya.

Empat merek lainnya yang masuk dalam daftar 5 vendor smartphone terbesar di dunia versi TrendForce yaitu Apple, Xiaomi, Oppo (termasuk Realme dan OnePlus) dan Transsion yang memegang tiga merek sekaligus, yaitu Infinix, Tecno, dan Itel.

Perlu dicatat bahwa daftar ini didasarkan pada jumlah produksi smartphone masing-masing vendor, bukan berdasarkan pengiriman seperti digunakan oleh firma riset lainnya.

Samsung

Samsung menjadi vendor smartphone dengan kontribusi terbesar pada kuartal II-2023. Perusahaan HP asal Korea Selatan itu tercatat memproduksi 53,9 juta unit pada periode tersebut. Berkat kontribusinya itu, Samsung membukukan pangsa pasar 19,8 persen.

Meski masih memimpin daftar vendor smartphone terbesar di dunia dalam hal produksi, jumlah produksi ponsel Samsung pada kuartal II-2023 sejatinya turun 12,4 persen dibanding kuartal sebelumnya, sebesar 61,5 juta unit.

Jumlah produksi ponsel Samsung di kuartal III-2023 juga ditaksir masih agak rendah meski perusahaan memproduksi pula ponsel lipat. Sebab, menurut TrendForce volume penjualan ponsel lipat belum setara seri Galaxy S.

Apple

Seperti tahun-tahun sebelumnya, performa Apple pada kuartal II cenderung lemah setiap tahun. Hal ini dikarenakan periode pergantian dari iPhone lama ke iPhone generasi baru akan segera tiba.

Jumlah produksi iPhone pada kuartal II-2023 adalah sebanyak 42 juta unit, turun 21,2 persen dibanding kuartal sebelumnya sebesar 53,3 juta unit.

Apple juga meraih pangsa pasar 15,4 persen pada kuartal II-2023, berkat jumlah produksi ponselnya itu.

Untuk kuartal III-2023, produksi iPhone juga kemungkinan turun, menyusul pasokan sensor gambar CMOS untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus yang kabarnya terhambat.

Terlepas dari taksiran tersebut, Apple punya potensi menyaingi Samsung di periode selanjutnya, apalagi jika iPhone 15 series laris manis.

Xiaomi

Xiaomi memproduksi sekitar 35 juta unit smartphone pada kuartal II-2023. Angka ini meliputi ponsel dari sub-merek Xiaomi, yaitu Redmi dan Poco. Pangsa pasar perusahaan berdasarkan jumlah produksinya mencapai 12,9 persen.

Jumlah produksi ponsel Xiaomi itu naik 32,1 persen dibanding kuartal sebelumnya. Menurut TrendForce, pencapaian ini kemungkinan disebabkan oleh sisa stok yang kian berkurang, ditambah daya tarik dari sejumlah produk baru perusahaan yang membuat Xiaomi menggenjot produksinya.

Kendati demikian, stok produk Xiaomi kabarnya masih lumayan tinggi, sehingga jumlah produksi perusahaan pada kuartal selanjutnya kemungkinan tak jauh berbeda dengan kuartal II-2023.

Oppo

Pada kuartal April-Juli 2023 Oppo juga mencatat jumlah produksi yang cukup tinggi, sebanyak 33,6 juta unit. Angka ini meliputi produksi aneka merek yang masih "bersaudara" dengan Oppo, meliputi Realme dan OnePlus.

TrendForce bilang pencapaian ini didapat Oppo berkat lonjakan permintaan di Asia Tenggara dan wilayah lainnya. Adapun pangsa pasar Oppo berdasarkan jumlah produksinya adalah 12,3 persen.

Ke depannya, jumlah produksi smartphone Oppo juga ditaksir bakal naik lagi sampai 10 persen - 15 persen, terutama di pasar China, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Transsion

Induk dari merek ponsel Infinix, Tecno dan Itel ini untuk pertama kalinya masuk dalam daftar 5 vendor smartphone dengan produksi paling banyak di dunia.

Pada kuartal II-2023, jumlah produksi Transsion mencapai 25,1 juta. Angka ini naik 71,9 persen dibanding jumlah pengiriman kuartal sebelumnya.

Berkat pencapaian itu, Transsion membukukan pangsa pasar 9,2 persen berdasarkan jumlah produksi ponselnya.

Peningkatan tersebut disebabkan oleh tiga faktor, yaitu pembaruan stok produk, peluncuran produk baru hingga masuknya perusahaan ke pasar kelas menengah dan kelas atas.

Hadirnya Transsion dalam daftar 5 vendor smartphone dengan produksi paling banyak di dunia sekaligus menyalip Vivo yang semua menempati posisi bontot di kuartal I-2023.

Adapun Vivo pada kuartal II-2023 hanya memproduksi 23 juta unit ponsel, meliputi merek Vivo dan iQoo.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/06/09210057/5-vendor-yang-paling-banyak-produksi-ponsel-sedunia-pada-triwulan-ii-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke