Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game "Counter-Strike 2" Resmi Meluncur, Bisa Dimainkan Gratis

Counter-Strike 2 dirilis sebagai pembaruan (update) dari "Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO)", sehingga pengguna tidak perlu mengunduh game ini secara terpisah.

Sebagai versi baru atau penerus dari CS:GO, Counter-Strike 2 membawa sejumlah kebaruan yang bisa dibagi menjadi dua kategori utama, yakni peningkatan grafik dan perubahan gameplay.

Terkait grafik, kini Counter-Strike 2 hadir dengan kualitas visual yang lebih tinggi, khususnya untuk pencahayaan dan detail setiap objek di game.

Hal ini dimungkinkan karena CS2 menggunakan game engine Source 2, berbeda dengan pendahulunya, yang digarap dengan mesin game Source generasi pertama.

Peningkatan visual ini berdampak pula pada peta (map), yang dibagi menjadi "Touchstone Maps", "Upgrade Maps", dan "Overhaul Maps".

Di sisi lain, ada Upgrade Maps yang memanfaatkan mesin Source 2, untuk menghadirkan objek, pencahayaan, dan refleksi cahaya yang lebih realistis, misalnya peta Nuke.

Terakhir, ada Overhaul Maps, yakni peta yang dibuat ulang (remake) dengan menggunakan Source 2, seperti peta Overpass dan Inferno.

Visual permainan lainnya seperti efek air, ledakan, api, serta darah menjadi lebih realistis, sedangkan tampilan antarmukanya (UI) dikemas dengan visual yang lebih modern dan minimalis.

Adapun Premier Mode merupakan mode kompetitif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pick dan ban peta (map), seperti pada turnamen e-sports "CS:GO".

Dalam akhir setiap match di Premier Mode versi terbaru, pemain akan mendapatkan rank berupa "CS Rating" berdasarkan performa mereka dalam match itu.

Rank ini nantinya muncul dalam papan peringkat musiman (seasonal leaderboard), sehingga pemain bisa membandingkan rank yang dimiliki dengan rank teman, rank di wilayah tertentu, dan juga di dunia.

Kemudian, ada mode Competitive yang merupakan versi "reguler" dari Premier Mode. Mode ini tidak dilengkapi sistem pick dan ban peta.

Dalam mode Competitive yang terbaru, sistem rank mengalami perombakan total. Berbeda dengan mekanisme dulu, di mana pemain hanya memiliki satu rank, kini pemain bakal memiliki rank yang berbeda untuk setiap map.

Jadi, pemain bisa saja meraih rank tinggi Global Elite di peta Vertigo, tetapi hanya mendapatkan rank Gold Nova pada map Inferno.

Berikutnya, Valve juga memperkenalkan sistem ronde baru untuk mode kompetitif "reguler" dan Premier Mode.

Kini, jumlah ronde per match dipersingkat menjadi 24 ronde dari 30 ronde. Artinya, setiap paruh permainan (half) mencakup 12 ronde seperti game "Valorant". Apabila kedua tim yang bersaing mendapatkan skor seri, permainan diperpanjang (overtime) hingga 6 ronde.

Fitur lainnya, Counter-Strike 2 menghadirkan granat yang lebih realistis, misalnya saja granat asap (Smoke Grenades) yang bentuk asapnya bisa menyesuaikan dengan lingkungan, serta bereaksi pada pencahayaan, peluru, atau ledakan lain.

Kemudian, ada pula server yang lebih mulus dan responsif, audio yang lebih baik, sistem pengembalian uang (refund) ketika membeli senjata, sistem loadout senjata, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi minimum main Counter-Strike 2

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, Counter-Strike 2 dapat dimainkan secara gratis.

Jika tertarik, sebaiknya gamer mempelajari spesifikasi minimum lebih dulu, sebelum memainkannya. Valve tidak mengumbar rincian spesifikasi rekomendasi untuk memainkan Counter-Strike 2.

Berikut ini spesifikasi minimum CS2, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Steam, Jumat (29/9/2023):

Spesifikasi minimum Windows

  • OS: Windows 10
  • CPU: 4 hardware CPU threads - Intel Core i5 750 atau lebih baik
  • RAM: 8 GB
  • GPU: Kartu grafis 1 GB atau lebih baik, dan sebaiknya kompatibel dengan DirectX 11, dengan dukungan Shader Model 5.0
  • DirectX: DirectX 11
  • Storage: 85 GB

Spesifikasi minimum SteamOS + Linux

  • OS: Ubuntu 20.04
  • CPU: 4 hardware CPU threads - Intel Core i5 750 atau lebih baik
  • RAM: 8 GB
  • GPU: AMD GCN Plus atau Nvidia Kepler Plus, dengan driver Vulkan yang terbaru. Dukungan untuk VK_EXT_graphics_pipeline_library sangat direkomendasikan
  • Storage: 85 GB
  • Sound Card: Sangat direkomendasikan

Cara download Counter-Strike 2 di Steam

Apabila sudah memiliki spesifikasi yang cukup, pemain bisa mengunduh Counter-Strike 2 untuk memainkannya. Berikut ini cara untuk mengunduhnya:

  • Unduh launcher Steam
  • Cari Counter-Strike 2 di Steam dan pilih "Play Game" atau "Add to Library"
  • Game akan langsung diunduh jika pemain memilih "Play Game"
  • Jika memilih "Add to Library", pengguna perlu membuka Steam dan pilih menu "Library"
  • Cari Counter-Strike 2 dan klik tombol "Install" berwarna biru (Tombol akan berubah menjadi "Play" berwarna hijau setelah game selesai diunduh)

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/29/13310537/game-counter-strike-2-resmi-meluncur-bisa-dimainkan-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke