Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adobe Photoshop Web Dibuka untuk Umum, Ini Harga dan Spek Minimumnya

Meski dirancang untuk platform web, Adobe, perusahaan pemilik Photoshop memboyong sebagian besar fitur yang ada di aplikasi Photoshop, termasuk tool yang didukung Firefly AI. Fitur tersebut termasuk Generative Fill dan Generative Expand, dua fitur yang belum lama ini dirilis ke Photoshop versi dekstop.

Menurut Adobe, fitur-fitur itu dihadirkan selama masa uji coba beta Photoshop web guna menyederhanakan pengalaman pengguna dan memudahkan pengguna baru mengenal alat edit perusahaan.

Alat-alatnya dikelompokkan berdasarkan alur kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses edit foto. Agar lebih memudahkan pengguna, khususnya pengguna baru, Adobe juga menampilkan nama-nama tool edit di Photoshop.

"Kami juga menambahkan nama tool ke toolbar bagi pengguna yang belum terbiasa dengan ikon alat Photoshop," kata Pam Clark, Kepala Manajemen Produk Photoshop dalam posting blog Adobe.

Namun, pengguna bisa menyamarkan nama tool tersebut bila sudah sering memakai Photoshop dan terbiasa dengan antarmuka Photoshop versi desktop.

Ada pula fitur Contextual Task Bar yang baru meluncur di Photoshop dekstop Juni lalu. Fitur ini menampilkan rekomendasi pengolahan yang relevan dengan proyek pengguna, sehingga proses editnya bisa lebih cepat tanpa perlu banyak klik menu.

"Misalnya menyimpan tahapan edit yang paling umum dipakai seperti mengganti latar belakang gambar, menyesuaikan pencahayaan serta warna gambar," ujar Clark.

Dengan Photoshop web, pengguna bisa punya alternatif mengakses tool Photoshop tanpa perlu mengunduh dan instal aplikasi edit foto itu.

Photoshop web sudah tersedia untuk semua orang dengan harga mulai dari 9,99 dollar (sekitar Rp 155.000) per bulan. Pengguna bisa mencoba layanan edit foto itu lewat tautan ini, dengan uji coba gratis selama tujuh hari.

Namun perlu dicatat bahwa meskipun didesain untuk platform web yang pada dasarnya bisa diakses online lewat browser, Photoshop web hanya bisa berjalan di perangkat dengan spesifikasi yang mendukung.

Spesifikasi minimum Adobe Photoshop web

Bila Anda tertarik mencoba Photoshop web, perhatikan bahwa perangkat Anda memenuhi spesifikasi berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/29/17070077/adobe-photoshop-web-dibuka-untuk-umum-ini-harga-dan-spek-minimumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke