Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Sebar 17 Fitur Baru, Ada Tab "You" dan Percepat Video Praktis

KOMPAS.com - Platform berbagi video YouTube milik Google mengumumkan seabrek fitur baru. Setidaknya ada 17 fitur baru YouTube yang saat ini sedang digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna. 

Salah satu fitur yang paling mencolok adalah kemunculan tab "You" di aplikasi YouTube versi mobile. Tab anyar ini bisa ditemui pengguna di sebelah pojok kanan bawah pada tampilan utama aplikasi YouTube.

Sebelumnya, tab ini merupakan tab "Library", tempat untuk melihat daftar video yang telah diunduh, video yang telah ditonton, dan lain sebagainya. 

Nah, di tab You yang baru ini, segala menu dan konten yang ada di menu Library sebelumnya sebenarnya masih ada. Namun, tab tersebut kini digabungkan dengan tampilan profil YouTube yang biasanya bisa diakses melalui menu "Accounts".

Jadi, tab You versi terbaru ini sekarang lebih terintegrasi dan pengguna bisa mengelola akun YouTube mereka dengan lebih mudah. 

Selain tab You, pengguna juga kini bisa menekan dan menahan layar mereka, ketika tengah menonton video, untuk mempercepat video tersebut dalam kecepatan 2x.

Ketika pengguna melepas dari aksi menahan layar ini, video secara otomatis akan kembali ke kecepatan semula, sehingga pengguna akan lebih praktis mempercepat jalannya video.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan hal ini melalui menu pengaturan jendela pemutar video saja, tepatnya melalui menu "Playback speed". 

Selain dua fitur di atas, YouTube juga kini bisa digunakan untuk mencari lagu berdasarkan suara atau senandung acak, serta memiliki animasi anyar di berbagai elemen visual yang lebih mulus dan memanjakan mata.

Ada pula fitur Stable Volume untuk memperkecil suara video ketika terdeteksi ada suara cempreng, gambar video (thumbnail) yang lebih besar, kolom deskripsi video yang diperbarui, serta fitur mengunci layar ketika sedang menonton video.

Selengkapnya, simak 17 fitur baru yang bisa ditemui di situs web atau aplikasi YouTube di berbagai platform dan perangkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TomsGuide, Senin (23/10/2023). 

Menurut pihak YouTube, semua fitur ini tengah digelontorkan secara bertahap kepada seluruh pengguna di dunia. Artinya, jika pengguna belum mendapatkan fitur ini, mereka agaknya harus bersabar sedikit hingga beberapa waktu ke depan. 

Berdasarkan pengamatan KompasTekno, sebagian besar fitur tersebut sudah bisa dijajal di Indonesia, seperti kehadiran tab You, mempercepat video dua kali dengan menekan layar, dan lain sebagainya.

Namun, kami belum mendapatkan sejumlah fitur lain seperti fitur Stable Volume, fitur kunci layar ketika menonton video, dan beberapa fitur lainnya. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/23/16050067/youtube-sebar-17-fitur-baru-ada-tab-you-dan-percepat-video-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke