Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Footer Berbeda Tiap Halaman di Microsoft Word dengan Mudah

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara membuat footer berbeda setiap halaman pada dokumen di Microsoft Word. Sebagai informasi, footer adalah bagian bawah halaman Word yang biasa dipakai untuk menyematkan nomor halaman.

Cara membuat footer di Microsoft Word atau yang biasa disebut Word saja itu cukup mudah. Untuk membuat footer di Word, pengguna pada dasarnya tinggal klik dua kali bagian bawah halaman Word dan pilih format footer yang diinginkan.

Meski mudah, cara membuat footer di atas memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah pengguna tidak dapat membuat footer berbeda setiap halaman. Penyebabnya adalah footer memiliki efek berkesinambungan.

Artinya, jika pengguna menambahkan footer di satu halaman maka halaman lainnya bakal ikut ditambahkan footer juga secara otomatis dengan format yang sama. Kemudian, jika pengguna menghapus footer di satu halaman maka lainnya juga ikut terhapus.

Dengan adanya efek seperti itu, pengguna akhirnya perlu untuk mengetahui cara membuat footer berbeda setiap halaman di Word. Cara ini diperlukan ketika pengguna butuh menyusun dokumen dengan format footer yang berbeda tiap halaman.

Penyusunan dokumen dengan format footer yang berbeda itu, salah contohnya bisa dilihat pada skripsi atau makalah. Misalnya, di halaman pembuka dokumen itu, pengguna memakai footer dengan format angka romawi, sedangkan isinya memakai format angka biasa.

Lantas, bagaimana cara membuat footer setiap halaman berbeda? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat footer berbeda setiap halaman di Word.

Cara membuat footer berbeda setiap halaman di Word

Cara membuat footer berbeda setiap halaman di Word itu mudah. Untuk membuat footer berbeda format tiap halaman di Microsoft Word, pengguna bisa memanfaatkan fitur Breaks. Sebagai informasi, Breaks merupakan fitur pemisah halaman.

Fitur Breaks memungkinkan pengguna menambahkan halaman baru di dokumen Word dengan format yang berbeda dari halaman sebelumnya.

Ketika Breaks ditambahkan, halaman selanjutnya bisa diatur agar memiliki beberapa format yang berbeda dari sebelumnya, termasuk pada bagian footer. Bila hendak membuat footer berbeda tiap halaman di Microsoft Word, langkahnya adalah sebagai berikut:

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat footer berbeda setiap halaman di Microsoft Word, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/12/11300027/cara-membuat-footer-berbeda-tiap-halaman-di-microsoft-word-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke