Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fitur Baru Samsung OneUI 6 Android 14 yang Wajib Dicoba

Pengguna ponsel Samsung Galaxy S23 series secara global, termasuk di Indonesia, menjadi yang pertama bisa menjajal OneUI 6.0 berbasis Android 14 ini.

Sebagai UI baru, OneUI 6.0 membawa beragam fitur anyar untuk kamera, galeri, home screen, dan masih banyak lainnya. Berikut KompasTekno rangkum 7 fitur baru Samsung OneUI 6.0 yang wajib pengguna coba.

Lewat quick panel, pengguna bisa mengaktifkan/mematikan berbagai fitur seperti WiFi, data seluler, Bluetooth, hotspot, screen recording, mengatur brightness, dark mode, senter, power saving, mengakses menu setting, dan masih banyak lainnya.

Di OneUI versi sebelumnya, pengguna harus melakukan swipe sebanyak dua kali untuk membuka quick panel settings. Namun, dengan Samsung OneUI 6.0, pengguna bisa mengakses quick panel dengan lebih cepat dan mudah, yakni hanya sekali swipe.

Hal ini dimungkinkan berkat adanya fitur "Quick settings instant access" di Samsung OneUI 6.0. 

Cara mengaktifkannya, pengguna tinggal buka ponsel > swipe layar sebanyak dua kali. Kemudian, klik ikon pensil > "Quick settings instant access". Klik tombol "on" untuk mengaktifkan fitur ini.

Di OneUI 5.1, urutan notifikasi ditampilkan berdasarkan sistem prioritas. Sepengalaman kami, notifikasi chat WhatsApp biasanya berada di paling atas dibandingkan notifikasi dari aplikasi Instagram, TikTok, bahkan e-mail.

Dengan fitur baru sort notification di OneUI 6.0, pengguna jadi memiliki keleluasaan untuk mengatur bahgaimana melihat notifikasi, apakah berdasarkan prioritas atau sesuai urutan waktu notifikasi masuk.

Fitur Auto blocker bakal mencegah aplikasi yang tak jelas sumbernya untuk diinstal, mendeteksi perangkat lunak berbahaya (malware), memblokir gambar terdeteksi malware di SMS, dan memblokir perintah berbahaya untuk mengeksekusi ponsel yang dikirimkan lewat kabel USB.

Cara mengaktifkan fitur Auto blocker adalah buka menu "Settings" > "Security and privacy" > "Auto blocker" > toggle tombol ke arah on.

Misalnya, pengguna bisa membuka kamera belakang/depan dengan mode foto bisa, portrait, pro, video, night, food, panorama, director's view, dan mode lainnya.

Selain memilih mode kamera, pengguna bisa memilih sampul widget kamera dengan foto pilihan dari galeri foto.

5. Fitur baru di aplikasi kamera

Pengguna juga kedatangan beragam fitur baru di dalam aplikasi kamera. Misalnya, Samsung S23 Ultra milik tim KompasTekno kedatangan fitur baru menu mode resolusi tinggi (12M, 50MP, dan 200M) yang baru.

Dengan menu ini, pengguna bisa dengan mudah mengaktifkan mode pemotretan resolusi tinggi.

Fitur baru lainnya ada di bagian tanda air atau watermark. Kini, pengguna dapat memilih penulisan tanggal dan jam (mode 12 jam atau 24 jam).

Samsung OneUI 6.0 juga kini membawa fitur "Auto FPS" ketika merekam video. Dengan mengaktifkan fitur ini, sistem kamera bisa memaksimalkan frame rate video untuk merekam video yang lebih terang di kondisi cahaya minim secara otomatis.

Fitur ini menyediakan tiga opsi, yakni off, use for 30 fps video only, dan user for 30 fps dan 60 fps video.

Untuk kamera selfie, Samsung kini juga memberikan kemampuan pengguna untuk mematikan opsi swipe up/down ketika ingin beralih dari kamera belakang ke kamera depan atau sebaliknya.

Pengguna bisa mematikan opsi "swipe up/down" untuk berganti ke kamera depan/belakang, untuk mencegah pergantian kamera yang tak disengaja.

Dengan aplikasi Studio, pengguna bisa menambahkan video hitam polos (blank clip) secara instan dari stok shot bawaan Samsung.

Kemudian, pengguna juga bisa menambahkan lebih dari satu musik latar belakang (background music).

Dengan mengedit video di Studio, pengguna bisa menambahkan dua lagu atau lebih untuk melengkapi video. Pengguna bisa memotong musik untuk mengatur awal dan akhir lagu.

Aplikasi Studio bawaan Samsung OneUI 6.0 juga hadir dengan fitur teks lebih lengkap dan bisa diatur sedemikian rupa.

Pengguna bisa memilih jenis font, mengatur ukuran, memilih warna, hingga memberikan stroke dan background pada teks. Pengguna juga bisa mengatur letak dan durasi teks.

Pengguna juga bisa mengatur format video, yakni dalam format HEVC (lebih hemat penyimpanan) atau H.264 (paling kompatibel). Pengguna juga bisa memilih resolusi video, antara HD (720 x 1.280 piksel) atau FHD (1.080 x 1.920 piksel).

7. Pindahkan penanda dan tab dengan 2 jari

Samsung OneUI 6.0 kini mendukung gestur dua tangan untuk memindahkan file foto di galeri atau aplikasi di home screen.

Kemampuan ini membuat pengguna bisa lebih mulus dan mudah ketika memindahkan aplikasi/gambar dengan dua jari.

Pengguna tinggal menekan gambar/aplikasi yang ingin dipindahkan dengan satu jari. Kemudian, satu jarinya bisa menavigasi layar/folder tempat file gambar/aplikasi ingin dipindahkan. Selanjutnya, lepas file gambar/aplikasi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/13/10030037/7-fitur-baru-samsung-oneui-6-android-14-yang-wajib-dicoba

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke