Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy Enhance-X Kedatangan 7 Fitur Baru Edit Foto, Ini Daftar HP Samsung yang Kebagian

Fitur ini bisa dicoba oleh pengguna Samsung S23 series dan model flagship lainnya, seperti Galaxy S22 series dan Galaxy Z Flip/Fold 5 di Indonesia lewat aplikasi Galaxy Enhance-X versi 2.0.27. Ponsel kelas menengah (mid-range) Samsung A54 dan Samsung A53 juga kebagian.

Ketujuh fitur edit foto barunya adalah Sky Guide, 24hr timelaps, Single Take, Slo-mo, Long Exposure, Clean Lens, dan Denoise. Berikut penjelas masing-maisng fitur edit foto baru di Galaxy Enhance-X:

Beberapa fitur edit foto di atas, seperti 24hr timelapse dan Single Take sebenarnya sudah ada di dalam kamera dan galeri ponsel Samsung. Namun, kini Samsung juga memasukkan dua fitur itu ke aplikasi Galaxy Enhance-X.

Galaxy Enhance-X memang dirancang sebagai aplikasi tempat berkumpulnya alat alias tools edit foto di HP Samsung. Aplikasi edit foto ini membawa teknologi AI yang lebih canggih dibanding tools edit foto bawaan yang sudah ada di HP Samsung.

Ketujuh fitur di atas melengkapi fitur edit foto yang sudah ada di Galaxy Enhance-X sebelumnya, yakni:

Galaxy S22 series Galaxy S21 series Galaxy S20 series Galaxy Note 20 series Galaxy Z Flip 4 Galaxy Z Fold 4 Galaxy Z Fold 3 Galaxy Z Flip 3 Galaxy Z Fold 2 Galaxy Z Flip 5G/LTE.

Pengguna ponsel Galaxy bisa menjajal 7 fitur baru Galaxy Enhanced-X di atas dengan syarat ponselnya sudah menjalankan sistem antarmuka OneUI 6.0 terbaru berbasis Android 14.

Ponsel flagship keluaran 2020, seperti Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip 4G/5G, dan Galaxy Note 20 series tidak kebagian update OneUI 6.0. Jadi, pemilik ponsel ini bisa tetap bisa menggunakan aplikasi Galaxy Enhance-X, tapi tidak kebagian 7 fitur baru di atas.

Tak hanya ponsel flagship, Samsung juga menghadirkan aplikasi Galaxy Enhance-X ke ponsel mid-range, ke Samsung A54 (2023) dan Samsung A53 (2022).

Duo ponsel mid-range tersebut diprediksi mendapatkan update OneUI 6.0 versi stabil berbasis Android 14 pada November ini. Pengguna bisa cek ketersediaan update di "Settings" > "Software update" > "Download & install".

Bila sudah update OneUI 6.0, pengguna bisa mengunduh aplikasi Galaxy Enhance-X secara mandiri di Galaxy Store dengan ukuran 154,49 MB. Kemudian, pengguna bisa mengedit foto dengan berbagai fitur di dalam aplikasi tersebut dan menyimpannya ke galeri foto.

Samsung belum mengungkap apakah ponsel Galaxy kelas menengah lainnya akan mendapatkan dukungan untuk Enhance-X setelah diperbarui ke One UI 6, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Senin (20/11/2023).

Pasalnya, ponsel seperti Samsung Galaxy A52/A52s dan dan Samsung Galaxy A33/A34 kompatibel dengan update OneUI 6.0.

Keempat ponsel ini juga memiliki spesifikasi cukup mumpuni, sehingga ada kemungkinan besar Samsung akan memperluas daftar perangkat kelas menengah yang didukung oleh aplikasi Galaxy Enhance-X di masa depan.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/20/11010057/galaxy-enhance-x-kedatangan-7-fitur-baru-edit-foto-ini-daftar-hp-samsung-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke