Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Perangkat Tertaut di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 06/06/2024, 16:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan dasar itu seperti cara menghapus perangkat tertaut di WA.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur perangkat tertaut atau Linked Device, yang memungkinkan pengguna menautkan akun WhatsApp dari perangkat HP utama ke platform WhatsApp yang ada di perangkat tambahan.

Baca juga: 3 Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya, Mudah dan Praktis

Fitur Linked Device pada dasarnya memudahkan pengguna untuk mengakses akun WhatsApp melalui beberapa perangkat sekaligus. Dengan fitur ini, pengguna tak hanya bisa mengakses WhatsApp lewat HP sebagai perangkat utama.

Saat akun telah tertaut, pengguna bisa membuka WhatsApp di komputer atau laptop melalui platform WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Alhasil, pengguna tak pelru repot membuka HP untuk mengakses WhatsApp saat bekerja di depan komputer.

Meski cukup berguna, fitur Linked Device bisa berpotensi menjadi celah untuk meretas akun pengguna. Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja menautkan akun WhatsApp di perangkat lain yang bukan miliknya.

Jika penautan akun tidak dikeluarkan atau dihapus, orang asing atau pengguna lain bisa mengakses akun WhatsApp pengguna beserta isinya yang tertaut di perangkat lain. Untuk mencegah akses tersebut, pengguna perlu menghilangkan perangkat tertaut di WA.

Oleh karena itu, pengguna penting untuk mengetahui cara mengeluarkan perangkat tertaut di WA. Lantas, bagaimana cara menghilangkan perangkat tertaut di WA?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus perangkat tertaut di WA dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Menggunakan E-mail dengan Mudah dan Praktis

Cara mengeluarkan perangkat tertaut di WA

Cara mengeluarkan perangkat tertaut di WA itu sejatinya cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu mengakses menu “Linked Device” yang terdapat pada aplikasi WhatsApp HP Utama. Adapun penjelasan detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Pada menu itu, pengguna bakal disajikan daftar semua perangkat atau platform yang telah login menggunakan akun WhatsApp. Untuk mengeluarkan akun WhatsApp, klik salah satu perangkat dan pilih opsi “Log Out”.
  • Terakhir, akun WhatsApp yang tertaut di perangkat tambahan bakal dikeluarkan secara otomatis.

Ilustrasi cara menghapus perangkat tertaut di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus perangkat tertaut di WA.

Baca juga: Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui dengan Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara menghapus perangkat tertaut di WA? Melalui cara di atas, pengguna dapat memastikan apabila akun WhatsApp telah dipakai login di perangkat yang tepat milik sendiri.

Selain itu, pengguna juga bisa memastikan akun WhatsApp telah dikeluarkan dari perangkat lain yang tak terpakai lagi. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menghilangkan perangkat tertaut di WA dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com