Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Music 2023 Recap Meluncur, Ada Cover Album Unik dan 100 Lagu Terfavorit

Meneruskan tradisi tahun lalu, fitur YouTube Music "2023 Recap" ini memungkinkan pengguna melihat kembali berbagai lagu dan musisi terfavorit sepanjang tahun ini. Pengguna juga bisa melihat durasi waktu mendengarkan musik pada 2023 ini.

Untuk tahun ini, fitur rekap YouTube Music yang mirip "Spotify Wrapped" ini hadir dengan beberapa hal baru yang bisa dijadikan ajang pamer bagi para pengguna di media sosial. Misalnya, sampul album yang dipersonalisasi sesuai dengan riwayat musik yang didengarkan pengguna.

YouTube mengambil referensi warna album dari lagu yang paling sering didengarkan pengguna. Kemudian, font sesuai tempo lagu yang paling sering diputar dan gambar album dari suasana musik yang paling mewakili pengguna.

KompasTekno mendapatkan cover album seperti di bawah ini yang mewakili cinta, drama, tempo asyik, dan BTS.

Misalnya, KompasTekno masuk dalam 0,1 persen teratas pendengar Suga BTS. Kami tercatat mendengarkan 32 lagu Suga BTS selama 45 jam, dengan rekor selama 14 hari berturut-turut. Hal tersebut membuat kami 75 kali lebih sering mendengarkan lagu penyanyi bernama asli Min Yoongi itu dibandingkan rata-rata pengguna lainnya.

Tahun ini, pengguna YouTube Music juga bisa mengetahui tiga suasana musik yang paling menggambarkan pengguna di awal, tengah, dan akhir tahun.

KompasTekno tercatat memiliki suasana musik yang ceria dan cerah di awal tahun. Kemudian mood musik kami adalah "sangat dramatis di pertengah tahun. Terkahir, akhir tahun 2023 ini ditutup dengan mood musik "drama".

Dengan integrasi Google Photos, pengguna juga bisa memakai foto-foto yang tersimpan di galeri untuk menjadi sebuah sampul (cover) playlist lagu yang sering didengar setiap musim sepanjang 2023.

Cara akses YouTube Music 2023 Recap

Fitur YouTube Music 2023 Recap ini tersedia bagi seluruh pengguna, baik berlangganan atau gratis. Syaratnya, pengguna wajib memiliki total durasi mendengarkan musik selama paling sedikit 10 jam di YouTube atau YouTube Music.

Fitur 2023 Recap bisa diakses dengan cara mengeklik ikon profile > klik "Your Recap" > klik "Get your Recap". Pastikan aplikasi YouTube Music sudah dalam versi paling baru untuk mendapatkan 2023 Recap.

Pantauan KompasTekno, Kamis (30/11/2023) pagi, fitur rekap tahunan YouTube Music 2023 Recap ini sudah bisa dijajal pengguna di Indonesia lewat aplikasi YouTube Music versi 6.29.56.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/30/13550027/youtube-music-2023-recap-meluncur-ada-cover-album-unik-dan-100-lagu-terfavorit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke