Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game Gratis PS Plus Februari 2024, Termasuk "Foamstars" dan "Steelrising"

Ketiga game tersebut adalah Foamstars, Steelrising, dan Rollerdrome. Foamstars dan Rollerdrome dapat dinikmati di konsol PS4 serta PS5, sedangkan Steelrising hanya tersedia di konsol PS5. Simak deskripsi ketiga game tersebut di bawah ini.

Dalam game ini, sebanyak delapan pemain yang dibagi menjadi dua tim akan bertempur menggunakan senapan busa (foam).

Busa yang dihasilkan senjata ini bisa dimanfaatkan untuk menyerang musuh, membuat permukaan licin untuk berselancar, dan membangun struktur yang bisa dinaiki. Mekanisme ini mirip seperti gameplay permainan yang diterbitkan Nintendo, Splatoon.

Pengguna bisa memilih dari delapan karakter yang tersedia, mulai dari Soa, Agito, The Baristador, hingga Mel T. Masing-masing karakter mempunyai senjata busa dan kemampuan (skill) yang berbeda.

Contohnya, Soa menggunakan dua pistol yang bisa mengeluarkan busa dengan cepat. Ia bisa melompat dan jungkir balik sambil menembakkan busa ke arah musuh. Kekurangannya, senjata ini lebih cocok digunakan dalam jarak dekat, bukan jauh.

Foamstars bakal meluncur pada 6 Februari 2024. Pada saat perilisannya, pelanggan PlayStation Plus bisa langsung mengeklaimnya dengan gratis.

Jika tidak mengeklaimnya, pengguna mesti membeli Foamstars seharga 29,99 dollar AS (sekitar Rp 472.399) mulai 5 Maret 2024 nanti.

Dalam game ini, pemain bakal berperan sebagai Aegis, yakni boneka mekanik yang diciptakan insinyur bernama Vaucanson untuk menjadi pengawal ratu Prancis.

Aegis diberikan misi untuk bergabung dalam revolusi Prancis, dan mengalahkan pasukan boneka mekanik yang diciptakan oleh King Louis XVI. Sepanjang permainan, gamer bakal bertemu dengan tokoh sejarah seperti Marie Antoinette dan Maximillien Robespierre.

Untuk gameplay, Steelrising mengadopsi genre Souls-like seperti game Dark Souls dan Elden Ring. Artinya, game ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga pengguna akan "mati" berulang kali dalam game jika ingin meraih kemenangan.

Saat melawan musuh, pengguna bisa melancarkan berbagai aksi seperti menebas, menangkis (parry), melompat, dan menghindar (dodge). Setiap aksi ini harus digunakan secara disiplin baik ketika melawan musuh biasa maupun saat melawan bos yang besar.

Nantinya, pengguna bisa meningkatkan (upgrade) kemampuan dan senjata yang dimiliki. Jika masih kesulitan menghadapi musuh, pengguna bisa mengaktifkan Assist Mode untuk mempermudah permainan.

Pengguna mengikuti kisah Kara Hassan, yakni peserta dalam olahraga mematikan bernama Rollerdrome. Olahraga ini mengharuskan pesertanya untuk melakukan trik sepatu roda sambil melawan musuh dengan senjata api.

Jika berhasil menumpaskan musuh, pengguna bakal mendapatkan "darah" alias hit points (HP). Sementara itu, pengguna yang melakukan trik sepatu roda seperti Weddle Grab 360 dan Nose Grind akan mendapatkan amunisi senjata.

Kara akan memulai perjuangannya di Rollerdrome dengan senjata dual pistol. Seiring berjalannya waktu, pengguna bakal membuka akses senjata baru, seperti shotgun, grenade launcher, dan crossbow.

Saat mendapatkan senjata baru, senjata lama tetap akan digunakan dan tidak ditinggalkan begitu saja. Sebab, setiap musuh memiliki kelemahannya sendiri, dan sebaliknya mereka juga lebih sulit ditumpaskan jika ditembak menggunakan senjata tertentu.

Musuh Riot Guard misalnya, tidak akan menerima damage ketika ditembak menggunakan dual pistol. Namun, musuh tersebut mudah ditumpaskan jika pengguna memakai grenade launcher atau senjata Z-11.

Selain ketiga game yang dipaparkan di atas, pelanggan PlayStation Plus Februari 2024 juga diberikan deretan item untuk permainan battle royale Fall Guys. Item ini mencakup kostum (skin) karakter, emotikon, dan lain sebagainya. Berikut ini daftar item yang didapat:

  • Ratchet (Whole Costume)
  • Clank (Whole Costume)
  • Aloy (Whole Costume)
  • Groovitron (Emote)
  • Clank’s Laugh (Emote)
  • Lombax (Pattern)
  • Clank (Pattern)
  • Seeker (Pattern)
  • Ratchet (Colour)
  • Clank (Colour)
  • Ratchet (Nameplate)
  • Clank (Nameplate)
  • Horizon (Nameplate)
  • Aloy (Faceplate)
  • Ratchet (Faceplate)
  • Clank (Faceplate)
  • Seeker (Nickname)

Kemudian, pelanggan layanan PS Plus yang lebih premium alias PS Plus Deluxe, bisa mencoba game Marvel's Spider-Man 2 secara cuma-cuma untuk dua jam. Promosi ini bakal dimulai pada 6 Februari 2024.

Progres dalam demo tersebut akan dibawa ke versi penuh game apabila pengguna memutuskan untuk membeli Marvel's Spider-Man 2.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PlayStation Blog, Minggu (4/2/2024), ketiga game gratis di atas bisa diklaim pelanggan PS Plus mulai 6 Februari 2024 hingga 4 Maret 2024.

Pelanggan PS Plus yang masih ingin mengeklaim game bulan Januari 2024, yakni A Plague Tale: Requiem, Evil West, dan Nobody Saves the World, masih memiliki waktu untuk mengeklaim hingga 5 Februari 2024.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/04/18270027/daftar-game-gratis-ps-plus-februari-2024-termasuk-foamstars-dan-steelrising-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke