Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Cek Umur Kartu Seluler Berbagai Operator, Ada XL, Telkomsel, dan Indosat

KOMPAS.com - Cara cek umur kartu telepon atau kartu seluler kiranya menjadi salah satu cara yang menarik buat dicoba. Untuk diketahui, tiap kartu telepon dari berbagai operator seluler seperti XL, Indosat, atau Telkomsel, memiliki usia pakai.

Umur kartu seluler itu berbeda dengan masa aktif. Umur kartu merupakan durasi seberapa lama atau sejak kapan nomor telepon telah dipakai pengguna. Sementara itu, masa aktif merupakan batas waktu nomor telepon dapat mengakses layanan.

Cek umur kartu berguna buat pengguna mengetahui sudah sejak kapan telah memakai nomor telepon. Beberapa operator seluler biasanya menyediakan layanan yang memungkinkan pelanggan untuk cek umur kartu telepon.

Saat mengakses layanan cek umur kartu seluler, pengguna umumnya bakal bisa melihat waktu (tanggal, bulan, dan tahun) pertama kali nomor telepon diaktivasi atau sudah berapa lama nomor telepon tersebut dipakai.

Lantas, bagaimana cara cek umur kartu seluler? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek umur kartu telepon dari berbagai operator seluler dengan mudah dan praktis.

Cara cek umur kartu telepon

Cara cek umur kartu telepon itu sejatinya cukup mudah. Namun, caranya bisa berbeda-beda di tiap operator seluler. Berdasarkan percobaan kami, cara cek umur kartu bisa dilakukan melalui kode UMB, aplikasi, dan layanan Customer Service.

Cara tersebut bisa berbeda-beda bergantung operator seluler yang dipakai. Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal cara cek umur kartu seluler dari berbagai operator adalah sebagai berikut.

4. Cara cek umur kartu XL

Cara pertama via Live Chat Maya:

Cara kedua via aplikasi Sidompul:

5. Cara cek umur kartu Smartfren

  • Bukalah website Smartfren ini https://www.smartfren.com.
  • Selanjutnya, buka layanan Customer Service Smartfren “Chat with Smarty” dengan klik ikon robot yang berada di bagian pojok kanan bawah dari halaman website.
  • Setelah itu, masukkan identitas seperti nama lengkap dan nomor Smartfren.
  • Selanjutnya, klik opsi “Mulai obrolan”.
  • Kemudian, pilih menu untuk tersambung dengan Customer Service Smartfren.
  • Setelah tersambung, sampaikan bahwa ingin memeriksa umur kartu Smartfren yang digunakan.
  • Terakhir, tunggu hingga Customer Service memberikan informasi umur kartu Smartfren.

Cukup mudah bukan cara cek umur kartu seluler dari berbagai operator? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengetahui secara mudah sejak kapan atau sudah berapa lama nomor telepon telah dipakai.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek umur kartu telepon dari berbagai operator seluler, seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/16/14150087/5-cara-cek-umur-kartu-seluler-berbagai-operator-ada-xl-telkomsel-dan-indosat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke