Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Oppo A79 5G yang Kini Layarnya Lebih Besar dan Lega

KOMPAS.com - Oppo A79 5G merupakan salah satu smartphone terbaru Oppo di Indonesia dengan harga Rp 3 jutaan, yang memiliki keunggulan di aspek layar. Ponsel ini mengusung layar IPS LCD super lega ukuran 6,72 inci dan resolusi Full HD Plus.

Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya, selain ukurannya juga nyaris mencapai 7 inci. Oppo mengeklaim rasio layar ke bodi ponsel ini mencapai 91,40 persen.

Karena cukup lega, layar Oppo A79 5G terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dll.

Layar juga terasa cukup responsif terhadap sentuhan, karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz dengan refresh rate 90 Hz.

Untuk tingkat kecerahan layar (brightness), Oppo A79 5G memiliki brightness sekitar 680 nit. Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.

Membahas layar, bagian tengah atas layar Oppo A79 5G dihiasi dengan lubang kamera (punch hole). Lubang kamera ini memuat kamera selfie 8 MP.

Beralih ke bagian belakang, cangkang Oppo A79 5G mengadopsi desain mengilap. Kebetulan varian yang kami genggam adalah Mystery Black, dan varian ini membuat punggung ponsel yang berwarna hitam bisa berubah menjadi warna abu-abu jika dilihat dari sisi berbeda.

Varian lainnya adalah Dazzling Purple yang mengusung finishing Glowing Feather. Dengan desain ini, Oppo mengeklaim bagian punggung Oppo A79 5G akan memiliki kesan halus yang mirip "bulu" hewan, namun tetap tampil cantik karena punggungnya akan mengilap seperti "berlian".

Masih di punggung perangkat, di sisi ini terdapat dua kamera yang dimuat dalam sebuah modul berbentuk persegi. Kedua kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (depth sensor).

Nyaman digenggam dan ringan

Pada aspek kenyamanan menggenggam, Oppo A79 5G bisa kami bilang enak untuk dipegang berlama-lama.

Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalan 7,99 mm, dan angka dimensi ketebalan ini terbilang cukup kecil dan mirip dengan beberapa ponsel premium di lini Oppo Reno Series.

Dengan dimensi ketebalan di bawah 8 mm ini, serta dimensi tinggi dan lebar 165,65 mm dan 75,98 mm, ponsel ini bisa dibilang cukup ramping. Dengan begitu, kami bisa mengoperasikan ponsel ini dengan nyaman meski hanya menggunakan satu tangan.

Di samping tipis, Oppo A79 5G juga cukup ringan dan terbilang enak dan tidak ribet dibawa ke mana-mana.

Pasalnya, bobot ponsel ini berkisar di angka 193 gram, bisa dibilang lebih enteng dibanding model lain di Oppo A-Series.

Selain ramping dan ringan, ponsel ini juga nyaman digenggam karena bingkainya mengadopsi desain datar (flat). Artinya, ponsel tak akan terlampau licin apabila digenggam terlalu lama.

Menyoal bingkai, Oppo A79 5G juga hadir dengan beberapa tombol dan konektor esensial yang cukup lengkap.

Pada bagian bawah perangkat, terdapat lubang audio jack 3.5 mm, lubang mikrofon, konektor USB-C, dan lubang speaker. Sementara di bagian bingkai atas Oppo A79 5G tak memiliki tombol atau lubang apa pun.

Lalu, pada bingkai bagian kanan Oppo A79 5G terdapat tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai sensor sidik jari (fingerprint), sedangkan pada bingkai bagian kiri perangkat ada tombol laci kartu SIM berjenis hybrid slot.

Dengan kata lain, laci kartu ini bisa memuat dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu karti microSD secara bersamaan. 

Apa saja yang ada di dalam kotak kemasan?

Di Indonesia, ponsel Oppo A-Series yang memiliki desain punggung cantik dan layar lega ini bisa didapatkan dengan harga Rp 3,8 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

Dengan merogoh kocek sebesar itu, selain unit ponsel, pembeli Oppo A79 5G akan mendapatkan beberapa kelengkapan yang ada di dalam isi kotak penjualan.

Beberapa di antaranya seperti adapter atau "kepala" charger berdaya 33 watt, kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, SIM ejector, buku panduan, serta pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari berbagai benturan.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone, meski Oppo A79 5G sejatinya menyediakan lubang audio jack 3.5 mm.

Adapun desain kotak penjualan Oppo A79 5G sendiri kini serupa dengan aneka ponsel Oppo A-Series lainnya, yaitu didominasi dengan warna putih yang memiliki aksen warna coklat muda.

Tepat di aksen warna coklat ini, tertulis angka "79" yang menandakan model ponsel tersebut, yaitu Oppo A79 5G.

Nah, ingin meminang ponsel ini? Peminat bisa langsung mengunjungi toko resmi Oppo terdekat atau marketplace mitra Oppo di Indonesia.

Namun, sebelum membeli, ada baiknya melihat desain Oppo A79 5G versi Indonesia dari berbagai sisi di galeri foto di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/22/17300067/menjajal-oppo-a79-5g-yang-kini-layarnya-lebih-besar-dan-lega

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke