Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Samsung Galaxy S24 Ultra Cocok Jadi HP Andalan "Concert Goers"

Berkat Samsung S24 Ultra, kami bisa merekam fancam (rekaman dari penggemar) dan mengabadikan foto dari Chrismartin Cs, Ed Sheeran, dan Taylor Swift dengan epik, meski duduk di tribun yang notabene jauh dari panggung utama.

HP ini juga menjadi idaman untuk concert goers alias penggemar konser seperti kami karena dilengkapi berbagai fitur foto/video yang lengkap, baterai yang awet, dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Setelah tiga kali konser membawa Samsung S24 Ultra, menurut KompasTekno, setidaknya ada enam alasan Samsung Galaxy S24 Ultra cocok jadi HP idaman sekaligus andalan para concert goers untuk tahun ini.

Untuk menggunakan kamera 200 MP Galaxy S24 Ultra, kami tinggal membuka aplikasi kamera. Nanti, aplikasi kamera secara default akan menyetel opsi foto dengan zoom 1x (kamera 200 MP).

Pengguna tinggal mengarahkan kamera ke penyanyi yang sedang tampil di atas panggung, lalu menekan tombol shutter.

Kamera 200 MP ini juga dibekali fitur autofokus dan OIS (peredam goyangan). Jika dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra, fitur autofokus dan OIS Samsung S24 Ultra jauh lebih baik. Pengguna bisa merekam penyanyi yang sedang bergerak dengan lebih smooth dan fokus.

Kedua kamera telefoto Samsung S24 Ultra meliputi kamera telefoto 10 MP (f/2.4, OIS, zoom optis 3x) dan kamera telefoto baru beresolusi 50 MP (f/3.4, OIS, zoom optis 5x).

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Samsung S24 Ultra tetap memiliki zoom 10x, tapi kini hadir dalam bentuk zoom digital. 

Di atas kertas, kemampuan zoom optis S24 Ultra memang dipangkas, dari 10x (S23 Ultra) ke zoom 5x. Meski angka zoom natif turun, menurut kami, ada satu kelebihan yang dibawa zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra, yakni kameranya kini menjadi lebih terang dan tetap tajam.

Hal itu dimungkinkan karena zoom 10x Samsung S24 Ultra kini merupakan hasil crop dari kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4) yang baru.

Jadi, bukaan kamera untuk zoom 10x sama besar dengan zoom 5x. Dengan ini, kami bisa merekam fancam Taylor Swift dengan kualitas yang sama terang dan tajamnya, meski di zoom hingga 10x.

Berikut beberapa fancam Taylor Swift yang direkam dengan zoom S24 Ultra.

Galaxy S24 Ultra ini sudah dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x. Samsung mengatakan, foto akan tetap jernih di level pembesaran 100x atau video hingga zoom 20x, berkat peningkatan digital zoom.

3. Zoom-in mic yang ciamik

Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki mikrofon zoom-in (zoom-in mic). Mikrofon tersebut terletak di sisi kanan kamera ultrawide.

Dengan fitur zoom-in mic, mikrofon mampu mendeteksi suara yang lebih dekat ke sumbernya saat kamera melakukan zoom.

Misalnya, ketika menonton Taylor Swift di National Stadium. Ketika kami merekam dengan kamera utama 200 MP (zoom 1x), suara kami bernyanyi akan terdengar lebih jelas dan dominan dibandingkan suara musik dari panggung nan jauh di mata.

Namun, ketika kami menggunakan zoom 5x dan zoom 10x di Galaxy S24 Ultra, suara musik yang terekam menjadi semakin kencang, sedangkan suara nyanyian kami semakin kecil.

Menariknya, jika merekam fancam menggunakan fitur "Pro Video", pengguna bisa memilih jenis input suara dari mikrofon.

Ada enam opsi yang disediakan, yakni omni (suara dari semua arah), front (fokus pada suara di depan layar HP), rear (fokus suara di belakang HP), USB, Bluetooth, dan Bluetooth Mix.

Dual record ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk merekam ekspresi wajahnya ketika menonton konser dengan kamera depan, sekaligus merekam penampilan band/penyanyi favoritnya di atas panggung dengan kamera belakang.

Dengan fitur ini, pengguna tidak akan melewatkan momen apapun. Fitur dual record bisa ditemukan di aplikasi kamera > more > dual record.

Pengguna bisa memilih dua kamera yang ingin digunakan. Pilihannya ada kamera depan, kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera telefoto (zoom 5x).

Kemudian, atur tata letak dua kamera tersebut, apakah ingin dalam mode split view (tampilan setengah-setengah) atau picture-in-picture view (tampilan video tumpang tindih).

Dual record Samsung S24 Ultra ini menyediakan dua opsi penyimpanan video yang direkam dengan fitur ini. Pertama, video disimpan sebagai satu kesatuan, dengan tampilan tata letak yang dipilih pengguna.

Kedua, video disimpan secara terpisah. Jadi, pengguna bakal memiliki dua video berbeda yang direkam secara bersamaan.

Tak hanya itu, Galaxy S24 Ultra kini juga punya fitur AI seru untuk dicoba, yaitu instant slow motion. 

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menerapkan efek gerakan lambat atau slow motion pada video apapun. Fitur instant slow motion ini bisa diterapkan pada video dengan frame rate 30 fps maupun 60 fps.

Dengan instant slow motion, pengguna bisa bebas merekam video apapun dan bisa mengubahnya menjadi video slow motion langsung di galeri ponsel. Tak perlu lagi mengeditnya via aplikasi edit video macam CapCut, misalnya.

Dengan efek slow motion, video pengguna akan menampilkan gerakan obyek yang diperlambat, sehingga terlihat lebih dramatis.

Hal ini berkat perangkat lunak "Pro Visual Engine" yang dikembangkan Samsung. Pro Visual Engine mengandalkan AI untuk menambahkan efek slow motion pada video secara berurutan, lalu menambahkan bingkai yang dihasilkan AI di antara bingkai tersebut.

Dengan begitu, ketika video diperlambat (1/4x) dengan AI, video tetap terlihat mulus secara alami.

Untuk menggunakan fitur instant slow-mo, pengguna tinggal buka galeri. Pilih video yang ingin disulap menjadi slow motion. Tekan dan tahan video beberapa saat.

Nantinya, pengguna akan langsung melihat pratinjau gerakan video yang diperlambat. Selanjutnya, pengguna tinggal mengeklik edit (ikon pensil).

Lalu, pilih "adjust speed" ke opsi "1/4x". Di sana pengguna bisa menyesuaikan durasi efek slow motion pada video. Setelah selesai, klik "save as copy" untuk menyimpan video slow-mo, agar video aslinya tidak hilang. Lakukan hal yang sama pada video lain yang ingin disulap menjadi slow motion.

Kami menggunakan fitur instant slow-mo ini untuk menyulap video 4K (30/60fps) fancam Coldplay Singapore dan penampilan OOTD Swifties di konser Taylor Swift menjadi lebih sinematik seperti video di bawah ini.

Namun, jika baterai lemah, pengguna bisa mengisi daya dengan cepat berkat fitur fast charging 45 watt.

Saat konser, kapasitas memori juga sangat krusial. Sebab, pengguna akan merekam banyak fancam dan memotret banyak foto. Samsung S24 Ultra hadir dengan RAM dan penyimpanan media yang besar, yakni 12/256 GB hingga paling besar 12 GB/1 TB.

KompasTekno menggunakan Samsung S24 Ultra varian RAM 12/512 GB. Dengan kapasitas ini, ponsel kami bisa menampung fancam dan foto dari konser Coldplay, Ed Sheeran, dan Taylor Swift.

Harga Samsung S24 Ultra

Harga Samsung S24 Ultra di Indonesia dipatok yang paling murah mulai Rp 22 Jutaan, yang bisa diperoleh pada varian RAM dan memori internal 12 GB/256 GB.

Adapun daftar harga Samsung S24 Ultra di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy S24 Ultra 12 GB/256 GB: Rp 21.999.000
  • Samsung Galaxy S24 Ultra 12 GB/512 GB: Rp 23.999.000
  • Samsung Galaxy S24 Ultra 12 GB/1TB: Rp 27.999.000

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/16/18060087/6-alasan-samsung-galaxy-s24-ultra-cocok-jadi-hp-andalan-concert-goers-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke