Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air dengan Mudah, Jangan Panik

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar dalam mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan iPhone. Salah satu panduan dasar itu seperti cara mengatasi iPhone kemasukan air.

iPhone kemasukan air merupakan masalah yang umum terjadi. Dalam kondisi tertentu, iPhone milik pengguna bisa saja terkena air. Misalnya, iPhone kehujanan atau iPhone terjatuh dalam bak kamar mandi.

Air yang masuk di iPhone itu perlu dikeluarkan atau dikeringkan supaya tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada komponennya. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi iPhone kemasukan air.

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan air di IPhone? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi iPhone kemasukan air dengan mudah.

Cara mengatasi iPhone kemasukan air

Saat iPhone kemasukan air seperti kehujanan atau jatuh dalam bak kamar mandi, pengguna tak perlu panik. Ada beberapa cara mengatasi iPhone kemasukan air yang bisa dilakukan pengguna dengan mudah.

Misalnya, setelah mengetahui iPhone kemasukan air, pengguna bisa langsung mematikannya. Kemudian, pengguna bisa mulai mengeringkannya dengan cara yang tepat. Dalam mengeluarkan air dari iPhone, pengguna perlu melakukannya dengan tepat.

Mengeringkan iPhone yang kemasukan air dengan cara yang tidak tepat malah dapat merusak komponennya. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi iPhone kemasukan air adalah sebagai berikut.

1. Matikan iPhone

Jika iPhone kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting di iPhone, terutama iPhone yang belum dilindungi dengan sertifikasi tahan air dan debu IP68.

Oleh karena itu, setelah mengetahui kemasukan air, sebaiknya langsung matikan iPhone untuk menghindari arus pendek yang bisa membuat kerusakan pada komponen internalnya.

2. Jangan cas iPhone

Kemudian, supaya tidak terjadi korsleting, pengguna juga perlu untuk menghindarkan iPhone dari arus listrik. Jadi, saat iPhone baru saja terpapar air, pengguna sangat tidak disarankan untuk mengisi dayanya. Jangan cas iPhone hingga benar-benar kering.

3. Posisikan iPhone dengan benar

Saat kemasukan air, segera posisikan iPhone dengan benar. Letakkan HP dengan posisi speaker dan port menghadap bawah. Kemudian, goyangkan dan ketuk iPhone secara perlahan. Tujuannya agar air dapat perlahan menetes keluar.

4. Keringkan iPhone

Sembari memosisikan dengan benar, pengguna bisa mengeringkan permukaan iPhone yang terpapar air. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap iPhone menggunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.

Setelah permukaannya kering, diamkan iPhone di tempat kering dengan aliran udara alami yang lancar. Setelah 30 menit, coba isi daya dengan kabel Lightning atau USB-C atau sambungkan aksesori.

Jika masih terdapat peringatan deteksi cairan, berarti masih ada cairan di konektor atau di bawah pin kabel iPhone. Untuk mengeringkannya secara penuh, pengguna bisa meletakkan lagi iPhone di tempat kering dengan aliran udara alami hingga satu hari.

Pengguna dapat mencoba lagi mengisi daya atau menyambungkan aksesori selama periode ini. Mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam untuk iPhone benar-benar kering.

5. Jangan mengeringkan iPhone dengan hair dryer

Untuk mengeringkan iPhone yang kemasukan air, pengguna sangat tidak disarankan untuk menggunakan alat yang menghasilkan udara panas eksternal seperti pengering rambut (hair dryer) dan alat yang menghasilkan udara bertekanan seperti kompresor.

Pasalnya, udara panas dan udara bertekanan yang dihasilkan alat-alat tersebut bisa merusak komponen internal iPhone.

6. Gunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari iPhone

Cara mengeluarkan air dari iPhone yang keenam adalah dengan menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air. Adapun aplikasi untuk mengeluarkan air dari iPhone adalah aplikasi yang bisa memutar atau menghasilkan suara bernada tinggi dan getaran.

Untuk mengeluarkan air dari iPhone, pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama “Water Eject” yang berada di aplikasi “Pintasan” atau “Shortcut”.

Aplikasi Water Eject bekerja dengan mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan membuat getaran di iPhone. Getaran dan bunyi yang dihasilkan dapat mendorong ke luar air yang berada di bagian speaker.

Adapun penjelasan mengenai cara mengeluarkan air dari iPhone menggunakan aplikasi Water Eject adalah sebagai berikut:

  • Unduh dulu aplikasi Water Eject lewat tautan ini, lewat browser di iPhone.
  • Setelah itu, klik “Get Started” dan pilih opsi “Tambahkan Pintasan”. Aplikasi Water Eject telah ditambahkan di aplikasi Pintasan.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Pintasan dan cari aplikasi Water Eject yang telah ditambahkan tadi.
  • Bila telah ditemukan, klik aplikasi Water Eject dan pilih opsi “Begin Water Ejection”.
  • Kemudian, aplikasi bakal memulai untuk mengeluarkan bunyi dan getaran di iPhone. Tunggu beberapa saat hingga air yang berada di bagian speaker keluar.
  • Untuk menghentikan bunyi dan getaran itu, klik tombol “Stop” yang terdapat di aplikasi Water Eject.

7. Jangan direndam di beras

Ketujuh, cara mengatasi iPhone kemasukan air adalah jangan menyimpannya dalam beras. Sebagai informasi, beras memiliki kemampuan untuk menyerap air. Kemampuan itulah yang diyakini beras dapat menyerap air pada HP saat basah.

Namun, meredam iPhone yang basah di dalam beras bisa menimbulkan masalah dan perlu dihindari. Pasalnya, dikutip dari laman resmi Apple, partikel kecil pada beras bisa masuk dan malah berpotensi merusak iPhone.

8. Jangan dijemur di bawah sinar matahari

Untuk mengeringkan iPhone saat kemasukan air, pengguna sangat tidak disarankan menjemurnya di bawah sinar matahari. Paparan panas berlebih dari sinar matahari justru bisa merusak komponen pada iPhone.

Cukup mudah bukan cara mengatasi iPhone kemasukan air? Melalui beberapa cara di atas, pengguna tak perlu panik apabila mengetahui iPhone miliknya terkena atau terpapar air karena berbagai kondisi seperti kehujanan.

Pengguna bisa dengan mudah melakukan serangkaian cara di atas untuk mengatasi iPhone kemasukan air. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa cara mengatasi iPhone kemasukan air dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/25/14310027/-8-cara-mengatasi-iphone-kemasukan-air-dengan-mudah-jangan-panik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke